kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,34   -28,38   -2.95%
  • EMAS1.321.000 0,46%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

3 Tips Membangun Bisnis di Masa Pandemi


Senin, 14 Maret 2022 / 15:29 WIB
3 Tips Membangun Bisnis di Masa Pandemi
ILUSTRASI. Tips membangun bisnis di masa pandemi. KONTAN/Baihaki.


Penulis: Virdita Ratriani

KONTAN.CO.ID - Dua tahun sejak pandemi Covid-19 hadir di Indonesia, banyak sekali perubahan yang terjadi di berbagai aspek kehidupan masyarakat. Berikut ini tips membangun bisnis di masa pandemi.

Perubahan itu mulai dari kebiasaan dalam beraktivitas, bertransaksi, hingga dalam menjalankan bisnis. Selain itu, pandemi juga membuat masyarakat mulai merambah penjualan secara digital, melengkapi toko fisik mereka. 

Semakin lama, ide-ide usaha baru pun bermunculan. Salah satu penjual yang terdorong untuk mencari peluang berwirausaha baru di masa pandemi adalah Dewi Yuliastuti, pemilik Kedai 49 Joy.

Dewi pun memiliki tiga tips dalam membangun bisnis di masa pandemi.

Baca Juga: Begini Cara Menggunakan WhatsApp Web, Termasuk Panduan Login dengan 2 Akun Berbeda

Tips membangun bisnis di masa pandemi 

Dirangkum dari keterangan resmi Shopee Indonesia, berikut adalah tips membangun bisnis di masa pandemi menurut Dewi Yuliastuti, pemilik Kedai 49 Joy:

1. Kalahkan rasa takut

Salah satu hal yang paling mudah dalam memulai suatu bisnis adalah memikirkan konsep awalnya. Salah satu yang sulit adalah memiliki keberanian untuk kemudian merealisasikan berbagai ide yang muncul dan tekun untuk mempelajari berbagai hal baru sembari menjalani prosesnya. 

Banyak orang yang merasa patah semangat saat pertama merencanakan bisnis dan mempelajari berbagai macam strategi bisnis. Padahal kenyataannya, belum tentu seluruh strategi bisnis yang ada cocok dengan bisnis yang kita tekuni. 

Anda harus berani untuk mulai melangkahkan kaki dan mencari tahu strategi apa yang cocok untuk diterapkan, dan kemudian mengembangkan bisnis dengan lebih baik lagi. Hal itu tidak bisa Anda lakukan jika tidak mengalahkan keraguan dan rasa takut terhadap memulai suatu bisnis. 

Baca Juga: Mengenal Pajangan Lucky Cat, Apa Maknanya dalam Feng Shui?

2. Miliki semangat pantang menyerah

Saat memulai dan membangun suatu bisnis, hal yang akan terus hadir adalah tantangan untuk membuat bisnis Anda berkembang semakin baik lagi. Ketika omzet bisnis menurun, bukan berarti bisnis kita gagal. 

Justru diperlukan semangat yang tinggi di momen-momen seperti itu untuk Anda mencari jalan keluar dari tantangan yang dihadapi. 

Seperti halnya di masa pandemi yang masih berlangsung saat ini, diperlukan semangat untuk dapat terus menghadirkan layanan atau produk yang dibutuhkan masyarakat, yang kini mungkin sudah memiliki kebiasaan yang berbeda dari sebelumnya.

Baca Juga: Tips Main Saham ala Pemenang Tradefest, dari Nenek 67 Tahun dan Pedagang Ikan Asin

3. Terus berinovasi dan hasilkan ide baru

Inovasi bisa dimulai dari inovasi produk, tempat, hingga layanan. Selain itu, di masa pandemi, Dewi melihat banyaknya pelanggan yang mulai menyukai transaksi yang cashless.

Untuk itu, Kedai 49 Joy mengadopsi layanan pembayaran digital ShopeePay untuk memberikan transaksi aman dan cepat. Itulah tips membangun bisnis di masa pandemi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×