kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

3 Tips memilih rekan bisnis yang tepat saat akan memulai usaha


Selasa, 19 Oktober 2021 / 15:34 WIB
3 Tips memilih rekan bisnis yang tepat saat akan memulai usaha
ILUSTRASI. Tips memilih rekan bisnis yang tepat saat akan memulai usaha. ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya.


Penulis: Virdita Ratriani

KONTAN.CO.ID - Memilih rekan bisnis yang tepat menjadi salah satu hal yang harus Anda pertimbangkan dengan matang saat memulai membuka usaha.

Tidak jarang, usaha menjadi tidak bisa berkembang lantaran tidak bisa menemukan rekan bisnis yang tepat. 

Sehingga, memilih rekan bisnis menjadi salah satu topik yang diangkat dalam ShopeePay Talk, sebuah platform diskusi interaktif bulanan yang diinisiasi oleh ShopeePay untuk membahas berbagai topik ringan, trendy, dan insightful

Mengusung tema Selektif Pilih Teman Dagang, Bisnis Makin Langgeng, dua pebisnis inspiratif Irvan Helmi, Co-founder dan Director of Anomali Coffee & Pipiltin Cocoa dan Helga Angelina, Co-founder dan CEO Burgreens & Green Rebel, berbagi kisah.

Mereka mengungkapkan lika-liku membangun bisnis bersama serta faktor penting apa saja yang perlu diperhatikan saat memilih rekan bisnis. 

Selain itu, dr. Jiemi Ardian, Sp.KJ., pakar di bidang psikiatri, turut memaparkan strategi memilih rekan bisnis dari sisi psikologi biar bisa menjalankan hubungan bisnis jangka panjang.

Lantas, bagaimana cara memilih rekan bisnis yang tepat? 

Baca Juga: Peta persaingan ekosistem digital semakin luas

3 Tips memilih rekan bisnis yang tepat

Dirangkum dari keterangan resmi ShopeePay, berikut adalah tips dan kriteria utama yang dapat dipertimbangkan dalam memilih rekan bisnis:

1. Keterampilan berbeda, tujuan tetap sama

Salah satu fondasi yang dibutuhkan dalam mengembangkan bisnis adalah mencari rekan bisnis yang memiliki keterampilan berbeda.

Pada dasarnya, setiap individu memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, keterampilan berbeda dapat membantu para pemilik bisnis untuk saling melengkapi satu dengan lainnya dalam mendorong perkembangan bisnis.

Irvan Helmi mengungkapkan, memilih rekan bisnis bukan hanya sekadar berlandaskan alasan sudah kenal baik sejak lama. 

Meskipun memilih sahabat lama dan kakaknya sendiri sebagai rekan bisnis, Irvan tidak pernah mengesampingkan kriteria utama yang dia cari dari seorang rekan bisnis yang baik. Yakni, perbedaan keterampilan untuk saling melengkapi. 

Contohnya, di Anomali Coffee, Irvan lebih fokus menangani marketing dan kualitas produk. Sedangkan rekannya Agam menangani keuangan bisnis dan strategi bisnis.

"Alhasil, saya banyak belajar dari Agam tentang strategi menjalankan bisnis dan pengalaman tersebut saya terapkan saat saya membangun Pipiltin Cocoa bersama kakak saya," kata dia.

"Sementara kakak saya yang memang lebih mahir di bidang marketing lebih fokus menangani strategi marketing Pipiltin Cocoa. Perbedaan keterampilan inilah yang dapat menjadi sebuah nilai tambah yang membuat kami memiliki perspektif yang lebih luas dalam mencapai tujuan bisnis,” imbuhnya.

Baca Juga: Tiga Kunci Sukses ala Es Teler 77

2. Berkomitmen kuat dan mengutamakan profesionalitas

Selain keterampilan, rekan bisnis juga pastinya harus mengemban komitmen yang kuat, sehingga tiap individu yang terlibat di dalamnya bersedia mengesampingkan keakuan dan fokus memberikan 100% usahanya untuk mencapai tujuan bisnis yang telah dirancang bersama.

Sebab, bisnis merupakan usaha jangka panjang. Helga Angelina mengatakan, ketika memutuskan untuk membangun Burgreens bersama Max yang waktu itu merupakan pacarnya, mereka tetap menyepakati beberapa hal mendasar yang dituangkan ke dalam perjanjian kerjasama yang sah.

"Dengan begitu, kami bisa menjaga profesionalitas berbekal komitmen yang telah kami tentukan bersama dan tidak lagi membawa status teman, pacar, atau saudara, tetapi semua dilakukan atas kelangsungan bisnis dan tujuan bersama," ujarnya.

"Bagi saya, memilih rekan bisnis yang mau dan mampu memegang teguh komitmen dapat membantu kita dalam mendorong pertumbuhan bisnis,” imbuh Helga. 

3. Memiliki nilai-nilai kehidupan yang sama

Setiap orang memiliki nilai-nilai kehidupan yang mereka pegang teguh dalam menjalani kehidupan. Penting bagi pelaku bisnis untuk memahami nilai-nilai hidup yang dipegang teguh oleh rekan bisnis mereka.

Memiliki beberapa nilai kehidupan yang sama dapat membantu mereka saling memahami dan menciptakan hubungan bisnis yang lebih langgeng. 

Nah, itulah kriteria utama dalam memilih rekan bisnis yang tepat. 

Selanjutnya: Persaingan semakin ketat, pemain dompet digital siapkan strategi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×