kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45904,83   21,77   2.47%
  • EMAS938.000 -0,42%
  • RD.SAHAM -1.82%
  • RD.CAMPURAN -0.92%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.02%

4 Usaha sampingan ibu rumahtangga yang layak dicoba


Jumat, 30 Oktober 2020 / 12:05 WIB
4 Usaha sampingan ibu rumahtangga yang layak dicoba
ILUSTRASI. Ada banyak usaha sampingan ibu rumah tangga yang bisa dicoba.


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - Beberapa ibu rumahtangga memiliki keinginan untuk menambah penghasilan keluarga. Jika Anda salah satunya, usaha sampingan ibu rumahtangga dalam artikel ini adalah jawabannya.

Selain bisa mendapat penghasilan tambahan, tanggungjawab Anda di rumah juga tak akan terbengkalai. Berikut usaha sampingan ibu rumahtangga yang layak Anda coba:

Penulis lepas

Apakah Anda memiliki keterampilan menulis? Jika iya, maka bekerja sebagai penulis lepas adalah salah satu pilihan yang bisa Anda coba.

Ada banyak perusahaan yang membutuhkan penulis lepas untuk memenuhi kebutuhan konten perusahaan. Melansir dari Evergreendimes.com, topik atau pembahasan yang bisa ditulis pun beragam.

Jadi, Anda tak akan bosan dan bisa menyesuaikan dengan kemampuan menulis yang dipunya. Selain itu, pekerjaan ini juga cukup fleksibel untuk diselesaikan.

Baca Juga: Gowes Lagi Tren, Yuk, Jajal Usaha Toko Sepeda!

Penyunting lepas

Selain menjadi penulis, kemampuan menyunting naskah juga bisa dijadikan usaha sampingan ibu rumahtangga, lo. Anda perlu memiliki kemampuan bahasa yang baik untuk memperbaiki kesalahan kepenulisan yang dilakukan orang lain.

Biasanya, beberapa jenis konten yang bisa Anda sunting adalah artikel blog, laporan perusahaan, atau buku.

Anda bisa mencari seseorang yang membutuhkan jasa penyunting di berbagai sumber. Misalnya, website freelancer, dan komunitas penyunting di media sosial.

Guru bahasa

Banyak orang yang ingin belajar bahasa asing karena tuntutan pendidikan atau pekerjaan. Jika Anda memiliki keahlian bahasa asing, tak ada salahnya untuk bekerja sebagai guru bahasa.

Di kondisi pandemi virus corona saat ini, Anda tak perlu datang ke rumah murid, tapi menyiapkan perlengkapan les online yang dibutuhkan. Misalnya, laptop, koneksi internet, dan lain-lain.

Dikutip dari Evergreendimes.com, ada beberapa hal yang menunjang kredibilitas Anda. Pertama, ijazah atau sertifikat bahasa asing apa pun. Kedua,  pengalaman mengajar.

Namun, Anda tak perlu khawatir jika belum ada pengalaman. Hal penting yang perlu Anda perhatikan adalah kemampuan bahasa dan skill mengajar.

Baca Juga: Seluk Beluk Menjalankan Usaha Bengkel Sepeda

Penerjemah

Usaha sampingan ibu rumahtangga lain yang bisa Anda lakukan dengan kemampuan bahasa asing adalah bekerja sebagai penerjemah. Anda perlu menerjemahkan audio atau teks dari satu bahasa tertentu ke bahasa lain sesuai dengan kebutuhan.

Ada banyak bahasa yang biasanya diterjemahkan. Mulai dari bahasa Inggris, bahasa Spanyol, bahasa Arab, bahasa Rusia, hingga bahasa Korea.

Evergreendimes.com menyebutkan, Anda perlu memiliki skill menulis, membaca, dan berbicara di beberapa bahasa asing.

Selanjutnya: Ini peluang bisnis baru yang menjanjikan saat pandemi, penasaran?




TERBARU
Corporate Valuation Model Presentasi Bisnis yang Persuasif

[X]
×