kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45940,24   -1,13   -0.12%
  • EMAS924.000 0,11%
  • RD.SAHAM -0.83%
  • RD.CAMPURAN -0.34%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.19%

5 Ide bisnis modal kecil yang patut dicoba


Jumat, 18 September 2020 / 15:32 WIB
5 Ide bisnis modal kecil yang patut dicoba
ILUSTRASI. Bekerja sebagai penulis merupakan salah satu bisnis modal kecil yang bisa Anda coba. TRIBUNNEWS/DANY PERMANA

Reporter: Belladina Biananda | Editor: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pandemi Virus Corona memberikan dampak bagi seluruh lapisan masyarakat. Salah satunya adalah banyak pegawai kantor yang terpaksa kehilangan sumber penghasilannya. Anda tak perlu putus asa karena ide bisnis modal kecil berikut ini layak untuk dicoba.

Freelance Writer

Bekerja sebagai penulis merupakan salah satu profesi yang bisa Anda lakukan. Small Business Trends merekomendasikan Anda untuk menggunakan platform penulis digital, seperti Wordpress. Dari situ, Anda bisa menghasilkan uang dengan menggunakan iklan, penjualan produk, atau bekerja sama dengan sponsor.

Selain itu, Anda juga bisa memaksimalkan platform pekerja lepas lain, seperti Freelancer, Projects.co.id, dan lain sebagainya. Dalam platform itu, Anda bebas memilih proyek menulis mana yang Anda inginkan dan mendapat uang setelah proyeknya selesai Anda kerjakan.

Graphic Designer

Jika Anda memiliki kemampuan desain yang baik, tak ada salahnya untuk mencari uang dengan cara bekerja sebagai graphic designer. Nantinya, Anda bisa membuat berbagai macam desain, tergantung dari pesanan yang Anda terima.

Baca Juga: Kiat Mendirikan Toko Sepeda Online

Kemampuan desain Anda bisa terus dilatih dan dikembangkan dengan belajar dari berbagai macam sumber. Mulai dari Youtube hingga kursus online yang sudah banyak tersedia.

Fotografer

Bisnis modal kecil berikutnya yang bisa Anda coba adalah menjual foto hasil bidikan Anda sendiri. Anda bisa menghasilkan uang dengan hanya mengandalkan kamera, akses internet, dan kemampuan fotografi yang apik. Small Business Trends menyarankan agar Anda menjual foto-foto Anda di website stok foto agar bisa dijual ke orang lain.

Editor

Editor jadi pilihan pekerjaan lainnya yang tak kalah menarik untuk dicoba. Anda bisa mencoba jadi editor apapun. Jika Anda memiliki kemampuan di bidang bahasa, Anda bisa bekerja sebagai editor buku. Bila Anda memiliki kemampuan di bidang video, Anda bisa bekerja sebagai editor video.

Baca Juga: Bisnis Alat Kesehatan Saat Pandemi, Baca Kiat dan Peluangnya

Voice Artist

Bisnis modal kecil selanjutnya yang direkomendasikan Small Business Trends adalah menjadi seorang voice artist. Anda bisa menjual suara Anda untuk mengisi berbagai macam kebutuhan video.

Semakin bagus dan sesuai suara Anda dengan kualifikasi yang dibutuhkan konsumen, maka Anda semakin mudah untuk mendapat uang dari cara ini.

Selanjutnya: 3 Cara memulai bisnis online yang mudah untuk dilakukan




TERBARU
Kontan Academy
Panduan Cepat Peningkatan Produktifitas Panduan Cepat Menganalisa dan Merumuskan Strategi Bisnis

[X]
×