kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

5 Tips Jitu Tingkatkan Penjualan dan Bangun Strategi Digital


Kamis, 10 Februari 2022 / 14:34 WIB
5 Tips Jitu Tingkatkan Penjualan dan Bangun Strategi Digital
ILUSTRASI. Zilingo, situs marketplace untuk penggila fashion. Tips jitu meningkatkan penjualan dan membangun strategi digital. KONTAN/Baihaki.


Penulis: Virdita Ratriani

KONTAN.CO.ID - Tips bisnis di era digital adalah bisa memanfaatkan media sosial dan e-commerce untuk pemasaran digital. Berikut ini tips jitu meningkatkan penjualan dan membangun strategi digital.

Hal ini dapat menawarkan peluang besar kepada pelaku bisnis di berbagai skala dan industri untuk memasarkan brand dan produk dengan mudah. Serta, menjangkau dan memperluas cakupan pasar mereka. 

Namun, banyaknya jumlah merek yang tengah bersaing untuk mendapatkan perhatian konsumen juga semakin meningkat. Sehingga, persaingan penjualan menjadi semakin ketat dan susah.

Tut Wuri Handayani, Head of Services Zilingo, membeberkan beberapa tips jitu bagi pelaku usaha untuk dapat meningkatkan performa penjualan dan membangun strategi digital yang tepat. 

Dirangkum dari keterangan resmi Zilingo, berikut tips untuk dapat meningkatkan performa penjualan dan membangun strategi digital yang tepat:

Baca Juga: Cara Daftar TikTok Affiliate beserta Syarat, Cukup Dua Langkah

1. Pentingnya kesan pertama

Dibutuhkan waktu kurang dari 50 milidetik bagi pelanggan untuk memutuskan apakah mereka menyukai halaman e-commerce Anda.

Komunikasi yang menarik secara visual sangat penting karena 80% pelanggan akan mengingat apa yang mereka lihat. Serta 20% di antaranya tidak pernah lupa apa yang mereka temukan di situs web. 

Foto produk yang berkualitas tinggi, konten yang relevan, dan desain situs web yang bagus juga user-friendly menjadi perpaduan elemen yang sempurna untuk membangun sebuah toko e-commerce yang menarik di tahun 2022.

2. Target audiens yang tepat dengan rekomendasi yang sesuai

Jika Anda ingin memberikan pengalaman belanja yang baik dan lebih personal, maka pemberian rekomendasi produk yang relevan merupakan strategi yang tepat.

Faktanya, 53% pelanggan suka melihat rekomendasi produk di situs web yang umumnya serupa dengan riwayat penelusuran mereka. Jadi, sangat penting untuk memasukan daftar produk yang juga disesuaikan dengan target promosi Anda.

Baca Juga: Tips Menjawab Pertanyaan Ceritakan tentang Diri Anda yang Tepat, biar HRD Terkesan

3. Bangunlah narasi yang tepat

Sebuah bisnis bukan hanya sekadar tentang produk dan layanan. Anda harus memiliki kekuatan untuk menceritakan nilai-nilai yang dibawa oleh sebuah brand untuk dapat membangun hubungan yang kuat dengan pelanggan sesuai dengan target pasar Anda. 

Pastikan konten yang dibagikan konsisten dengan pesan dan nilai yang dimiliki brand Anda.

Cara terbaik untuk melakukannya adalah melalui pembuatan konten yang relevan seperti artikel blog dan video yang melibatkan audiens Anda secara langsung agar memberikan dampak yang lebih besar untuk perkembangan brand dan penjualan Anda.

Baca Juga: Ingin Memulai Bisnis? Ini Kiat dari Susi Pudjiastuti

4. Manfaatkan pemasaran kreatif dan influencer

Setiap merek memiliki keunikan tersendiri, begitu juga dengan strategi pemasaran yang akan digunakan. Terus amati perkembangan platform serta media terbaru yang dapat digunakan untuk membangun strategi konten yang kuat dan kreatif. 

Anda dapat meningkatkan performa strategi pemasaran Anda dengan melibatkan jaringan influencer yang relevan dengan brand Anda. 

5. Integrasikan bisnis Anda dengan sebuah tujuan

Brand yang modern tidak hanya bisa memenuhi kebutuhan para konsumen, tetapi juga memberikan pengaruh dan dampak positif di lingkungan atau masyarakat sekitar.

Studi menunjukkan, 87% pelanggan bersedia membeli produk dari brand yang mendukung tujuan dan masalah sosial yang mereka pedulikan. 

Anda juga dapat memperkuat bisnis Anda dengan mendukung suatu tujuan sosial. Seperti inisiatif penggunaan bahan ramah lingkungan, kesadaran kesehatan, dukungan terhadap suatu LSM, keikutsertaan dalam perubahan sosial.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet Managing Customer Expectations and Dealing with Complaints

[X]
×