kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Alibaba catatkan transaksi penjualan Rp 451 triliun dari Festival 11.11


Senin, 12 November 2018 / 06:51 WIB
Alibaba catatkan transaksi penjualan Rp 451 triliun dari Festival 11.11
ILUSTRASI. Alibaba Global Shopping Festival


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - SHANGHAI. Alibaba Group sukses menggelar festival 11.11 Global Shopping. Festival belanja dunia tersebut mampu menyedot para konsumen untuk membelanjakan duitnya.

Selama 24 jam pelaksanaan festival belanja, Alibaba berhasil mencatatkan transaksi penjualan atau gross merchandise value (GMV) sebesar RMB 213,5 miliar atau US$ 30,8 miliar.

Jika dikonversi ke rupiah, maka transaksi penjualan Alibaba dalam satu hari penuh pelaksanaan festival tesebut mencapai sekitar Rp 451 triliun. Pencapaian yang sangat luar biasa. Angka tersebut bukan hanya tercatat rekor tetapi meningkat cukup signifikan yakni 27% dibandingkan perolehan tahun 2017.

"Hari ini kita menyaksikan kekuatan dan peningkatan konsumsi China. Transaksi penjualan di festival double 11 menjadi yang tertinggi dan mencatat rekor baru. Kami juga berterimakasih ke semua partner yang terlibat dalam shopping global festival ini." kata Daniel Zhang, CEO Alibaba di Shanghai, Senin (12/11).

Daniel mengatakan, peningkatan tingakt konsumsi tersebut karena masyarakat menginginkan kehidupan yang lebih baik dengan mengubah gaya hidup mereka. Dengan partisipasi dari seluruh ekosistem Alibaba dalam festival tersebut membuat merek dan merchant para partner perusahaan mampu menyatu dengan konsumen.

Dia menambahkan, Alibaba akan melanjutkan menjadi pemimpin evolusi ke arah ekonomi digital dan lifestyle masa depan. Perusahaan ini berniat terus berinovasi pengembangan-pengembangan produk lewat Tmall Inovated.

Dalam ajang 11.11 tahun 2018, perusahaan e-commerce raksasa ini menawarkan diskon untuk menarik konsumen masuk ke platform mereka serta menawarkan pengalaman belanja yang berbeda.

Joe Tsai, Vice Chairmand Alibaba mengatakan, Festival 11.11 yang disulap dari perayaan single day atau hari jomblo itu bukan hanya sekadar penawaran diskon besar-besaran saja, tetapi bagaiman seluruh ekosistem Alibaba melayani konsumennya mulai dari berbelanja, hiburan, hingga pelayanan.

"Ada banyak layanan yang kami sediakan dalam ekosistem kami dan itu dilakukan dengan sangat baik hingga saat ini. Konsumen China sedang bergerak cepat ke pasar barang konsumen, home furnishing market, small home appliances. Kami melihat sebagian kuat di kategori-kategori tersebut," kata dia.

Festival 11.11 Global Shopping dimulai pada tahun 2009 dan hanya ada 27 pedagang yang berpartisipasi dalam acara tersebut. Pada saat itu, festival belanja diadakan untuk memperkenalkan dan meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap nilai jual belanja daring.

Sementara tahun 2017, lebih dari 140.000 merek dan penjual berpartisipasi dalam acara festival belanja globa lini. Para pelangga menghabiskan RMB 168,2 miliar dalam kurun waktu 24 jam.

Adapun festival tahun 2018 ini, sebanyak 180.000 merek China dan seluruh dunia turut berpartisipasi. Lebih dari 40% konsumen melakukan pembayaran dari produk-produk internasional. Negara yang tinggi melakukan ekspor ke China adalah Jepang, Amerika Serikat, Korea Selatan, Australia dan Jerman.

Lazada juga turut berpartisipasi dalam festival 11.11 global shopping sebagai bagian dari ekosistem Alibaba. Platform e-commerce ini hadir menyasar konsumen di Singapura, Malaysia, Indonesia, Philipina, Vietnam dan Thailand.




TERBARU

[X]
×