kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45936,49   -8,95   -0.95%
  • EMAS1.027.000 -0,19%
  • RD.SAHAM -0.04%
  • RD.CAMPURAN -0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

Aplikasi Konten Video Vlog Informatif Berbasis Komunitas Ituloh Resmi Meluncur


Selasa, 13 Desember 2022 / 15:00 WIB
Aplikasi Konten Video Vlog Informatif Berbasis Komunitas Ituloh Resmi Meluncur
ILUSTRASI. Peluncuran aplikasi Ituloh.


Reporter: Tendi Mahadi | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Platform media sosial berbasis komunitas Ituloh resmi mengadakan grand launching dengan menghadirkan ratusan kreator konten dan influencers pada 10 Desember lalu. Acara juga mendatangkan brand yang bekerjasama dengan platform seperti Biotalk, Madame Gie, Indomilk dan masih banyak lagi. Acara juga dimeriahkan oleh beauty Youtuber Kiara Leswara, yang memberikan tips mengenai cara membuat konten review yang benar ke peserta yang hadir. 

Aplikasi Ituloh merupakan aplikasi pertama di Indonesia yang memungkinkan pengguna dan kreator media sosial membuat dan menemukan konten video review pengalaman dan rekomendasi yang jujur, terkini, dan informatif.  Menariknya, di aplikasi ini, semua pengguna baik kreator pemula maupun online shopper, bisa mendapatkan penghasilan dari konten review mereka. 

Ituloh mengaburkan batas antara media sosial dan e-commerce dengan menyediakan link e-commerce marketplace terkait produk yang sedang direkomendasikan sehingga memperpendek rantai proses dari discovery sampai ke pembelian. Cara ini terbukti efektif dalam menjangkau konsumen masa kini, terutama untuk kategori produk yang banyak mengandalkan rekomendasi komunitas, seperti fashion, produk kecantikan dan kesehatan, serta produk untuk ibu dan anak. 

"Kami melihat bahwa walaupun penetrasi e-commerce tengah meningkat di Indonesia, pengalaman konsumen dalam menemukan informasi produk dan berbelanja online belum maksimal," ujar Christine Suwendy, CEO dan Co-founder Ituloh dalam keterangannya, Selasa (13/12).

Baca Juga: Tingkatkan Literasi Keuangan Digital, Xendit Dukung Indonesia Fintech Summit 2022

"Mayoritas konsumen cenderung mengandalkan rekomendasi produk dari teman dan keluarga, atau mulut ke mulut (word of mouth). Karena itu, kami ingin mendigitalisasikan pengalaman ini melalui Ituloh, aplikasi yang membuka akses bagi semua orang untuk menunjukkan hal-hal yang sesuai minat mereka, dari produk Korea kekinian sampai hotel treehouse di Bali,” lanjutnya.

Beberapa keunikan dari platform Ituloh adalah adanya fitur komisi, pengumpulan poin, dan stiker-stiker lucu yang dapat ditukarkan dengan berbagai hadiah dan merchandise menarik bagi setiap kreator yang berkontribusi dalam pembuatan konten. Selain itu, pengguna juga bebas memilih untuk membuat atau bergabung ke komunitas yang diminati, dimana mereka dapat saling berbagi pengalaman, informasi, dan tren produk atau jasa terbaru lewat postingan video. 

Walaupun baru meluncur, Ituloh sudah memiliki ratusan komunitas di berbagai kategori, mulai dari fesyen, parenting, perawatan dan kecantikan, pariwisata, dan topik lainnya yang terus bertambah. Tidak dapat dipungkiri, saat ini media sosial memang telah menjadi channel utama bagi konsumen dalam menemukan atau mempertimbangkan pembelian produk/jasa tertentu. 

Sebanyak 81% konsumen mengaku telah membeli sesuatu setelah melihatnya di media sosial, dan menurut GWI (GlobalWebIndex), 54% konsumen mengandalkan media sosial untuk mencari tahu lebih lengkap tentang spesifikasi produk tertentu. Lebih jauh, 64% konsumen memutuskan untuk membeli produk tertentu setelah menonton konten berupa video.

“Kehadiran Ituloh menjadi wadah yang menggabungkan konten video yang menghibur dengan pengalaman berbelanja yang menyenangkan. Ituloh! memiliki posisi yang strategis dibandingkan platform media sosial di pasaran, yang telah tersaturasi dengan konten berbayar. Dengan demikian, konsumen Indonesia tidak perlu lagi berpindah aplikasi antara mencari informasi produk (di e-commerce) dan review pemakaian produk (di media sosial),” ujar Christine. 

Dapat diunduh di Google Playstore dan Apple App Store, saat ini aplikasi Ituloh telah memiliki lebih dari 100.000 pengguna dan bekerjasama dengan lebih dari 10.000 kreator, mulai dari skala nano sampai mega. Untuk mempererat hubungan dengan komunitas pengguna, Ituloh ke depannya akan mengadakan acara rutin bulanan dengan sebutan ‘Kopdar Kreator’ dimana kreator dapat saling bertemu dan berbagi cerita dan tips membuat konten.

Baca Juga: Mengenal Qoala, Insurtech Terbesar di Asia Tenggara Fokus Layani Asuransi Individual

Ituloh juga telah mendapatkan pendanaan tahap awal dari beberapa Modal Ventura (VC) terkemuka, seperti East Ventures, Antler, Indonesia Women Empowerment Fund (IWEF), serta Goodwater Capital yang sebelumnya telah berinvestasi di Facebook (Meta), Twitter dan Spotify. 

"Ke depannya, kami berencana membangun fitur di aplikasi untuk menghubungkan brand dengan kreator dan komunitas yang relevan, agar mereka dapat menjalankan promosi/kampanye sesuai dengan target pasar yang tepat. Selain itu, kami juga berencana membangun integrasi dengan marketplace e-commerce dan channel penjualan produk yang sedang trending dan disukai oleh pengguna, berdasarkan analitik dari engagement pengguna dan komunitas di aplikasi Ituloh,” ujar Riswanto, Co-founder Ituloh. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×