kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Aplikasi yang memudahkan interaksi digital di perusahaan


Sabtu, 30 November 2019 / 11:00 WIB
Aplikasi yang memudahkan interaksi digital di perusahaan

Reporter: Venny Suryanto | Editor: Markus Sumartomjon

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Aplikasi dan layanan untuk pengelolaan dan keterlibatan karyawan di Indonesia baru saja diluncurkan. Usaha rintisan atau start up bernama Feet’s asal Malaysia ini menghadirkan layanan untuk mengelola keterlibatan karyawan guna meningkatkan kinerja dan produktivitas dalam sebuah perusahaan.

Baru saja berekspansi ke Indonesia, aplikasi berbasis mobile tersebut sudah tersedia pada pengguna IOS dan Android. Para penggunanya yakni karyawan dapat berinteraksi dengan anggota perusahaannya secara digital. Tak hanya itu, aplikasi ini juga bisa membantu perusahaan untuk mendengar dan melibatkan karyawan agar tercipta lingkungan kerja yang lebih baik.

Baca Juga: IKM di bawah naungan Astra Ventura didorong bertransformasi digital

Ellyana Christine, Managing Director Feet’s Indonesia menjelaskan, ada beberapa fitur-fitur utama yang menonjol dalam aplikasi ini, yakni Weekly Survey bagi karyawan perusahaan yang akan diberikan sebanyak dua kali dalam seminggu guna mengetahui tingkat stres pada karyawan agar tercipta solusi yang diberikan dari perusahaan.

Baca Juga: Telkom meluncurkan Telkom Digital Learning di Papua

Kemudian, fitur HighFive yaitu fitur ini akan memberikan sebuah apresiasi kepada setiap karyawan yang sering menggunakan aplikasi tersebut.

Ada juga fitur T’ing, yakni setiap karyawan dalam satu perusahaan dapat secara bebas memberikan atau berbagi ide-ide yang diinginkan, misalnya merencanakan kegiatan outing bersama dalam satu perusahaan. Untuk fitur ini sendiri akan di pegang langsung oleh bagian personalia/HRD masing-masing dalam perusahaan.

Kemudian ada fitur Featers, yakni karyawan bisa membagi atau memposting apa saja yang berbentuk informasi ke pengguna lain dalam area satu perusahaan.
Serta ada fitur Makan Buddy, yaitu fitur ini akan memberikan rekomendasi tempat makan terdekat sesuai lokasi pengguna agar bisa bertemu dengan karyawan di perusahaan lainnya. Aplikasi ini guna mempertemukan pengguna dari karyawan satu dengan lainnya.

Adapun pihaknya juga akan menghadirkan fitur terbaru, yakni Chatting yang sekiranya akan diluncurkan pada tahun 2020 mendatang.

Sejak dioperasikan pada April 2019, hingga saat ini Feet’s sudah memiliki 3.000 pengguna/karyawan dari lima perusahaan. Ia juga bilang, bagi setiap penggunanya pun juga menggunakan metode langganan dengan harga Rp 18.000 per bulannya. "Biaya langganan ini juga menjadi salah satu pendapatan bagi Feet’s sendiri," jelas Ellyana.

Aplikasi dengan konsep media sosial ini hanya bisa digunakan oleh 1 perusahaan dengan para karyawannya. Aplikasi yang diupayakan untuk membantu interaksi dan komunikasi antara karyawan dengan perusahaan tersebut juga bekerja sama dengan 25 merchant dari sektor Food n Baverage serta wisata seperti Airy, Sayur Box, Gado-

Gado Cemara dan sebagainya. Kerja sama ini dilakukan untuk memberikan imbalan pada pengguna berupa voucher dan koin yang ditukar dan kemudian bisa digunakan ke merchant-merchant tersebut.

Dengan demikian, Ellyana juga berharap aplikasi ini tak hanya digunakan pada perusahaan swasta dan instansi pemerintahan tapi juga perusahaan manufaktur. Ia optimis akan terus berkembang ke depannya dan menargetkan bisa menjaring 15.000 pengguna di akhir tahun ini.                      




TERBARU

×