kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ayo cicipi gurih bisnis Pizza Bees!


Minggu, 19 Agustus 2018 / 12:05 WIB
Ayo cicipi gurih bisnis Pizza Bees!


Reporter: Tri Sulistiowati | Editor: Johana K.

KONTAN.CO.ID - Piza belakangan ini sudah bisa dinikmati semua kalangan. Tak cuma kelas menengah atas saja. Lantaran tidak sedikit investor yang membuka usaha piza yang menyasar segmen menengah bawah.

Seperti Pizza Bees besutan Rahadian Bagus asal Solo. Ia membanderol  tujuh menu masakan Italia tersebut  dengan harga Rp 17.000 sampai Rp 35.000 per porsi. Seperti ada pizza cubby, pizza miss you, atau pizza cute dengan rasa khas Indonesia. "Saya sengaja menggunakan nama unik agar mengundang rasa penasaran," katanya.

Usaha ini sudah ia jalankan 2016 dan mulai November 2017. Lantas, Mr Bee, sapaan akrab Rahadian mulai menawarkan kemitraan usaha. Saat ini, sudah ada 20 gerai cabang milik mitra yang tersebar di Purwodadi, Pati, dan Semarang.

Kalau tertarik, ada dua paket kemitraan Pizza Bees. Pertama, paket island dengan investasi Rp 25 juta sampai Rp 40 juta. Fasilitas yang didapat adalah  satu unit booth, peralatan masak dan berjualan lengkap, bahan baku awal, pelatihan, dan branding.

Kedua, paket kafe dengan investasi Rp  55 juta sampai Rp 75 juta. Di paket kedua ini, fasilitas yang didapat mitra relatif sama dengan dengan paket pertama. Tapi yang membedakannya adalah mitra harus menyediakan lokasi dengan luas minimal 125 m² dan empat orang karyawan.

Kedua paket tersebut mewajibkan mitra mengambil bahan baku dari pusat untuk menjaga kualitas. Mitra juga dikenakan biaya promosi sebesar Rp 200.000 sampai Rp 500.000 per kota. "Biaya promosi bisa dilakukan secara iuran untuk gerai dengan lokasi yang sama," tuturnya.

Dari perhitungannya, mitra bisa balik modal sekitar enam bulan lamanya. Asalkan punya beberapa persyaratan. Seperti lokasi yang strategis dan bisa meraup penjualan Rp 2 - Rp 3 juta per hari. Setelah dikurangi biaya operasional, mitra bisa kantongi margin usaha 15%-20%.

Dengan skema itu, ia menargetkan bisa membuka sebanyak 50 gerai lagi sampai akhir tahun ini. Supaya target tercapai, ia  getol berpromosi  di media sosial seperti di  Instagram.

Djoko Kurniawan, Konsultan Usaha menilai potensi bisnis piza masih positif karena pasarnya  masih luas. Untuk menarik konsumen, ia setuju bila usaha makanan ini perlu menciptakan produk yang menarik bagi konsumen. Sambil tentunya terus berpromosi secara genca.  

Langkah ini perlu diperhatikan pebisnis piza. Mengingat pemain di bisnis makanan ini makin banyak. Maka,  adanya menu piza yang belum ada sebelumnya wajib dikerjakan para pebisnis.

Pebisnis juga jangan melupakan audit untuk menjaga  layanan dan kualitas.                         

Pizza Bees
Jl Pakal No 40, Solo, Jawa Tengah
HP. 081567772017

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×