kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,51   7,16   0.77%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Begini Cara Wahyoo Dukung Pengusaha Kuliner Indonesia


Senin, 06 Juni 2022 / 18:34 WIB
Begini Cara Wahyoo Dukung Pengusaha Kuliner Indonesia


Reporter: Tendi Mahadi | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sebagai perusahaan enabler industri kuliner di Indonesia, Wahyoo punya misi untuk menyediakan solusi bagi para pemilik usaha kuliner dengan mengoptimalkan jaringan distribusi dan layanan menggunakan teknologi berbasis aplikasi. Saat ini, sudah terdapat lebih dari 21,000 usaha kuliner yang telah mempercayakan layanan Wahyoo untuk keberlangsungan bisnisnya. 

Berbagai kemudahan dan keuntungan telah dirasakan oleh para mitra setelah menggunakan aplikasi Wahyoo, terutama dalam hal distribusi bahan baku. Para mitra dapat memperoleh bahan baku dengan kualitas terjamin dan harga bersaing hanya dengan berbelanja lewat aplikasi. Wahyoo juga menawarkan berbagai keuntungan berbelanja bagi mitra, seperti loyalty program, cashback saldo dompet Wahyoo, dan fitur pembayaran dengan tempo tujuh hari. 

Selain itu, layanan pengantaran bahan baku yang ditawarkan juga dianggap menguntungkan oleh para mitra. Hal ini menunjang efisiensi waktu dan pengeluaran karena para mitra tidak perlu lagi mengeluarkan biaya transportasi maupun menghabiskan banyak waktu untuk berbelanja secara manual. 

Kenyamanan dan kemudahan tersebut turut dirasakan oleh Karis, mitra Wahyoo Kitchen Partner Tambora yang telah bergelut di dunia kuliner selama sepuluh tahun. 

Baca Juga: Siap Mendukung Era Digital Indonesia, BCA Hadirkan Kembali Program SYNRGY Accelerator

“Dengan belanja di Wahyoo, saya bisa mendapatkan banyak sekali harga-harga yang stabil dan bersaing dibandingkan pasar yang cenderung kurang stabil. Wahyoo juga memiliki banyak program dan bonus yang membuat belanja menjadi lebih untung. Saya juga tidak perlu pergi ke pasar lagi karena Wahyoo bisa mengantar langsung ke lokasi usaha kuliner saya tanpa dipungut ongkos pengiriman,” ujar Karis.

Pada awalnya, Karis berfokus pada bisnis makanan ringan dan warteg. Setelah menjadi mitra Wahyoo, Karis memperluas bisnis kulinernya dengan brand Bebek Goreng Bikin Tajir (BGBT) yang berada di bawah naungan Wahyoo Kitchen Partner dan berhasil menghasilkan peningkatan omset bisnis hingga 50%. 

“Bisnis Bebek Goreng Bikin Tajir saya juga sangat berdampak kepada saya dimana sekarang bisa membantu membeli kebutuhan sehari-hari serta membantu kebutuhan usaha anak saya. Omset usaha saya juga meningkat sejak bekerjasama dengan Wahyoo dan membuka Bebek Goreng Bikin Tajir,” jelasnya.

Wahyoo memberikan kesempatan bagi para mitra untuk menambah revenue dengan membuka usaha kuliner yang dikelola melalui Wahyoo Kitchen Partner. Selain BGBT, terdapat dua brand lain yaitu Ayam Paduka dan Bakso Bikin Tajir yang secara keseluruhan telah memiliki 200 outlet di Jabodetabek, Semarang, Bali, dan wilayah lainnya. 

Konsep bisnis yang ditawarkan oleh Wahyoo Kitchen Partner tersebut menyerupai tren cloud kitchen atau ghost kitchen yang tengah marak di era digitalisasi ini. Hal ini berarti mitra hanya perlu mengoptimalkan kapasitas dapur dari bisnis yang telah tersedia untuk dapat menjual menu tambahan dari brand Wahyoo Kitchen Partner. 

Baca Juga: Food Market Hub Ekspansi ke Indonesia

Sistem bisnis ini memiliki berbagai keuntungan bagi pengusaha kuliner, seperti menghemat modal, minim risiko, dan kesempatan untuk lebih berfokus pada operasional serta kualitas produk. 

Salah satu fitur lain yang ditawarkan dalam aplikasi Wahyoo adalah Dompet Wahyoo. Selain dapat menggunakan Dompet Wahyoo untuk berbelanja, para mitra juga dapat menggunakan QRIS Wahyoo sebagai salah satu metode pembayaran pelanggan usaha kuliner. Hal ini dirasa menguntungkan oleh para pengusaha, khususnya bagi yang secara aktif berbelanja bahan baku melalui Wahyoo. 

“Fitur Wahyoo yang paling menguntungkan adalah Dompet Wahyoo karena terintegrasi dengan pembayaran QRIS Wahyoo. Pembayaran oleh pelanggan di QRIS Wahyoo langsung masuk ke dompet Wahyoo saat itu juga sehingga bisa langsung dipakai untuk belanja tanpa harus menunggu waktu penerimaan dana yang umumnya memakan waktu 1-2 hari. Selain itu, i fitur pengiriman terjadwalkan Wahyoo juga sangat membantu. Saya bisa memastikan bahan baku bisa sampai tepat waktu sebelum jam 8 untuk memulai bisnis,” ujar Ng Ay Hiong, pemilik RM Anugrah yang merupakan mitra Wahyoo. Saat ini, sebanyak 80% kebutuhan bahan baku dari usahanya di-supply oleh Wahyoo.

Demi memberikan pelayanan terbaik bagi para Mitra, Wahyoo terus mengoptimalkan layanan penyediaan bahan baku, khususnya dalam hal pengiriman. Di sisi lain, Wahyoo Kitchen Partner akan turut menambah 10 brand-brand baru guna memberikan pilihan yang lebih luas bagi para mitra yang ingin bekerja sama. Wahyoo juga mencatatkan pertumbuhan 40% dari sisi pelanggan dan pendapatan dari kuartal IV 2021 ke kuartal I 2022.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×