Bekraf luncurkan program pelatihan dan pencarian penulis skenario

Selasa, 28 Agustus 2018 | 21:46 WIB   Reporter: Denisa Kusuma
Bekraf luncurkan program pelatihan dan pencarian penulis skenario

ILUSTRASI. Peluncuran Program SCARA


FILM - JAKARTA. Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) bekerjasama dengan Wahana Kreator Nusantara, BASE Studio dan Perum Produksi Film Negara (PFN) meluncurkan program pelatihan dan pencarian penulis skenario bertajuk Skenario Cerita Anak Nusantara (SCARA).

Program ini bertujuan untuk menghasilkan penulis skenario film anak yang berkualitas dan siap berkontribusi bagi perfilman nasional, khususnya film animasi anak.

"SCARA hadir dari hasil diskusi dengan tujuan untuk menghadirkan program yang menjawab kebutuhan negara akan penulis dan cerita anak di Indonesia yang juga menjadi perhatian Bapak Presiden Jokowi," ungkap Kepala Bekraf, Triawan Munaf, Selasa (28/8).

Dalam menyelenggarakan program ini, Bekraf berkolaborasi dengan Wahana Kreator dan Studio Animasi Base sebagai pelaku industri yang memiliki pengalaman di bidang penulisan skenario dan juga animasi anak.

Direktur Utama Wahana Kreator Nusantara, Salman Aristo menyambut baik ajakan kolaborasi dalam program SCARA ini. Menurutnya kekosongan penulis yang terjadi saat ini dalam industri adalah masalah yang sudah dikhawatirkan sejak lama.

“Saya berharap semoga komitmen Wahana Kreator untuk membangun kurikulum dalam program ini dapat menyumbangkan hasil yang signifikan nantinya untuk industri cerita anak di Indonesia,” kata Salman, yang juga penulis buku Kelas Skenario ini.

SCARA dirancang dengan mensinergikan institusi di bidang kreatif dengan mempertimbangkan dampak yang nyata untuk industry konten anak. Berbentuk workshop inkubasi yang akan berlangsung selama sembilan pekan.

Peserta SCARA akan didampingi oleh mentor professional yang berpengalaman di penulisan scenario fil, anak seperti Salman Aristo (penulis scenario lascar pelangi), Gina S. Noer (penulis scenario Kulari ke Pantai), Arief Ash Shiddiq (Story editor serial si Unyil) dan Chandra Endroputro (sutradara serial si Unyil).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru