Close | x
kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |
  • USD/IDR14.578
  • SUN95,67 0,00%
  • EMAS656.000 -0,46%

Berburu jasa cetak undangan di Tebet (1)

Sabtu, 13 Oktober 2018 / 06:30 WIB

Berburu jasa cetak undangan di Tebet (1)

KONTAN.CO.ID - Sentra percetakan undangan di Tebet berada di Pasar Tebet Barat. Letaknya memang cukup tersembunyi, yakni di lantai bagian bawah (basement) Pasar Tebet Barat, Jalan Tebet Barat Dalam, Jakarta Selatan. Tak heran jika banyak pengunjung yang agak bingung mencari letak sentra percetakan undangan ini. 

Sekilas pemandangan dari luar gedung Pasar Tebet Barat yang memiliki empat lantai itu biasa saja. Aktivitas pengunjung dan pedagang yang berada di lantai dasar hingga tiga lantai ke atas sama seperti pasar-pasar di Jakarta pada umumnya. Namun, ketika pengunjung turun satu lantai ke bagian bawah, pemandangan mirip pusat percetakan dengan banyak tumpukan kertas begitu mudah terlihat.
 
Muhammad Yusuf, pemilik Abadi Card mengatakan, usaha percetakan undangan miliknya sudah ada sejak tahun 1992 lalu. "Dulunya di sini sebenarnya pasar biasa, lalu sekitar tahun 1995-an, mulai ramai usaha percetakan undangan. Saat saya awal buka toko, di sini baru ada empat percetakan undangan, belum ramai seperti sekarang," terangnya. 
 
Pengusaha percetakan undangan di Pasar Tebet Barat pun terus bertambah. Hal tersebut nampak pada semua deretan kios yang terisi penuh. Bahkan saking penuhnya, sampai menyempit dan hampir menutupi jalan akses pengunjung. 
 
Di sentra percetakan undangan Tebet ini, pengunjung bisa langsung memesan undangan dengan aneka bentuk dan desain sesuai keinginan. Pelanggan bebas menentukan desain undangan mereka. Yusuf mengatakan, beberapa pelanggan ada yang memesan undangan dengan desain terpisah. Ada pula pelanggan yang memesan undangan dengan desain yang disediakan oleh percetakan. 
 
"Sebagian besar pedagang di sini juga menyiapkan desain undangan. Tapi desain  standar, enggak yang bagus atau unik banget. Kami jaga-jaga kalau pelanggan yang memang enggak punya bayangan desain sama sekali," tandasnya. 
 
Arnot Septian, pemilik Mahkota Print juga menyediakan sejumlah desain yang bisa dipilih oleh pelanggannya. Sejumlah desain yang disediakan Arnot biasanya berasal dari desain undangan pelanggan yang pernah mencetak undangan di tokonya. Ada juga beberapa pilihan desain undangan baru yang dibuatnya. 
 
"Kami menyediakan desain karena biasanya ada pelanggan yang belum punya gambaran undangannya ingin seperti apa. Jadi kami sediakan contoh beberapa desain undangan yang sudah pernah kami buat," tuturnya. 
 
Undangan dengan aneka desain, bentuk dan ukuran tersebut, rata-rata dibanderol mulai Rp 5.000 - Rp 20.000 per buah. Baik Arnot maupun Yusuf sama-sama mengatakan, jika harga undangan tersebut bergantung pada desain, bahan yang digunakan serta ukuran. Rata-rata, setiap kios percetakan undangan di Pasar Tebet mematok harga dalam jumlah minimal 500 undangan. 
 
"Rata-rata memang pasang harga untuk pemesanan 500 undangan. Karena kami di sini menyesuaikan dengan pasar Jakarta. Biasanya kalau orang Jakarta punya hajatan pernikahan, minimal undangannya bisa 300-500. Kalau pesanan kurang dari ketentuan tersebut, harganya bisa lebih mahal," kata Arnot.   
 
(Bersambung)

Reporter: Elisabeth Adventa
Editor: Johana K.

TERBARU
Seleksi CPNS 2018
Hubungi Kami
Redaksi : Gedung KONTAN,
Jalan Kebayoran Lama No. 1119 Jakarta 12210.
021 5357636/5328134
moderator[at]kontan.co.id
Epaper[at]kontan.co.id
Iklan : Gedung KOMPAS GRAMEDIA Unit 2
Lt 2 Jl. Palmerah selatan 22-28
Jakarta Selatan 10740.
021 53679909/5483008 ext 7304,7306
2018 © Kontan.co.id All rights reserved
Sitemap | Profile | Term of Use | Pedoman Pemberitaan Media Siber | Privacy Policy

diagnostic_api_kiri = 0.0008 || diagnostic_api_kanan = 0.0484 || diagnostic_web = 0.4013

Close [X]
×