Close | x
kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |

BFarm.id membidik tiga juta peternak dalam tiga tahun

Selasa, 12 Februari 2019 / 15:46 WIB

BFarm.id membidik tiga juta peternak dalam tiga tahun
ILUSTRASI. Peternakan ayam petelur


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Selain sebagai negara yang banyak menghasilkan produk pertanian, Indonesia juga punya kemampuan di bidang peternakan. Sayangnya, masih ada peternak yang belum bisa mengoptimalkan laju bisnisnya, baik dari sisi permodalan hingga memperluas akses pasar.

Melihat persoalan itu, Fajar Fahrudin mencoba mendirikan start up yang bisa membantu para peternak keluar dari jerat masalah tersebut. Pada Desember 2017, ia meluncurkan BFarm.id. "Sebagai peternak, saya kerap mengalami kesulitan, dan tak jarang para peternak beralih pekerjaan. Saya tak mau ini terus berlanjut, akhirnya mencoba mendirikan BFarm.id," ujar Fajar kepada KONTAN.


Lewa aplikasi tersebut, ia mencoba mengatasi permasalahan tersebut dengan menyediakan tiga layanan. Pertama, layanan iklan baris online untuk memasarkan hasil para peternak. Kedua, layanan Bfund dengan sistem crowdfunding untuk membantu memberi permodalan para peternak.

Ketiga, menyediakan tools dan sistem yang bisa meningkatkan profit dan produktivitas peternak. "Sejauh ini kami baru me-launching layanan iklan baris. Sementara untuk Bfund dan layanan tools sedang kami persiapkan. Kami akan mengoptimalkan layanan iklan baris terlebih dahulu," jelas Fajar.

Nah, layanan iklan baris ini juga berguna bagi pihaknya untuk mengumpulkan data para peternak. Data tersebut nantinya akan dia gunakan untuk melakukan analisis dan pemetaan kebutuhan serta karakteristik para peternak.

Meski masih dalam tahap ujicoba, dan pengembangan, Fajar mengaku terkejut dengan antusias peternak dan masyarakat. Saat ini sudah terdapat sekitar 100 peternak yang sudah terverifikasi dan menjual hasil ternaknya di BFarm.id.

Selain itu, trafik situs BFarm.id saat ini rata-rata berkisar belasan hingga puluhan trafik per harinya. "Jujur saja, dengan hasil tersebut saya dan tim cukup terkejut dan tidak menyangka. Ini menunjukkan start up kami mendapat sambutan yang cukup baik bagi masyarakat, paparnya.

Menyambut tingginya animo masyarakat, saat ini BFarm.id telah menggandeng sebuah asosiasi peternak. Ini ditujukan untuk memperluas pasar sekaligus bisa menjaring lebih banyak lagi peternak untuk bergabung dengan BFarm.id.

Fajar mengaku tidak terlalu khawatir dengan keberadaan start up sejenis yang telah ada dan lebih berkembang. Menurutnya keberadaan mereka juga mempermudah dalam urusan edukasi pasar.

Selain itu, ia menilai potensi pasar dari aplikasi tersebut masih terbuka lebar. "Setiap pemain punya konsentrasi wilayah masing-masing, masih terdapat kekosongan yang besar di pasar dalam menyerap para peternak ini," jelas Fajar.

BFarm.id sendiri sudah masuk ke dalam kelas akselerator Plug & Play. Pada tahun ini, aplikasi ini bakal lebih fokus mengedukasi pasar terlebih dahulu sambil memperbanyak jumlah peternak yang mau bergabung dengan aplikasi itu. Ini sebagai upaya untuk bisa menarik tiga juta peternak dalam waktu tiga tahun.


Reporter: Hikma Dirgantara
Editor: Markus Sumartomjon

Tag
TERBARU
Rumah Pemilu
Rumah Pemilu
Hubungi Kami
Redaksi : Gedung KONTAN,
Jalan Kebayoran Lama No. 1119 Jakarta 12210.
021 5357636/5328134
moderator[at]kontan.co.id
Epaper[at]kontan.co.id
Iklan : Gedung KOMPAS GRAMEDIA Unit 2
Lt 2 Jl. Palmerah selatan 22-28
Jakarta Selatan 10740.
021 53679909/5483008 ext 7304,7306
2019 © Kontan.co.id All rights reserved
Sitemap | Profile | Term of Use | Pedoman Pemberitaan Media Siber | Privacy Policy

diagnostic_api_kiri = 0.0004 || diagnostic_api_kanan = 0.0599 || diagnostic_web = 0.3542

Close [X]
×