kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45685,21   13,07   1.94%
  • EMAS917.000 0,11%
  • RD.SAHAM 0.54%
  • RD.CAMPURAN 0.26%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.10%

Bimbel khusus CPNS kebanjiran berkah jelang tes CPNS


Sabtu, 22 September 2018 / 07:00 WIB
Bimbel khusus CPNS kebanjiran berkah jelang tes CPNS

Reporter: Elisabeth Adventa | Editor: Johana K.

KONTAN.CO.ID - Keinginan banyak orang untuk jadi PNS ternyata membawa berkah bagi bisnis bimbingan belajar (bimbel) khusus CPNS. Bahkan, Bimbel Akses CPNS yang membuka kelas sejak awal tahun, kini pesertanya sudah mencapai 2.300-an orang.  

Antusiasme tak hanya terlihat dari meningkatnya jumlah peserta Bimbel Akses CPNS. Yustamar K. Hatmanto, Chief Marketing Officer Bimbel Akses CPNS Yusta bilang, bimbelnya yang tahun lalu hanya membuka kelas di Jakarta, kini sudah sudah buka di 25 kota lainnya. "Tahun ini kami putuskan buka kelas di luar kota Jakarta karena permintaan dari daerah juga ternyata banyak," ungkap Yusta.

Ada tiga paket yang ditawarkan, yaitu paket e-learning senilai Rp 980.000 khusus untuk peserta yang lokasinya belum bisa dijangkau Bimbel Akses CPNS. Lalu, paket kelas reguler yang dibanderol Rp 3,2 juta per orang untuk 24 kali pertemuan. Ketiga adalah paket eksekutif senilai Rp 3,6 juta. Paket ini merupakan gabungan paket kelas reguler dan e-learning.

Kelas reguler biasanya maksimal diisi oleh 25 peserta bimbel dan kelas biasanya dibuka per gelombang. Untuk gelombang terakhir, Yusta mengatakan Bimbel Akses CPNS akan membuka kelas baru lagi pada tanggal 22-29 September 2018.

Hal serupa dilontarkan juga oleh Yuna Ria, pemilik Lembaga Bimbingan Belajar (LBB) Uno Education asal Surabaya. Yuna membuka kelas bimbel khusus CPNS karena banyak permintaan dari masyarakat. "Awalnya, kami ada bimbel CPNS tapi hanya kelas privat untuk orang dekat kalau ada permintaan. Karena makin banyak peminatnya, saya  memutuskan membuka kelas reguler ini," terang Yuna.

Ia membuka kelas reguler CPNS mulai tahun lalu. Sebelumnya, LBB Uno Education hanya menawarkan les privat untuk siswa SD, SMP dan SMA saja. Paket kelas reguler CPNS dibanderol Rp 1,7 juta per orang untuk 10 kali pertemuan yang durasinya 1,5 jam per pertemuan. Sedangkan untuk les privat dibanderol Rp 2,5 juta per orang untuk 10 kali pertemuan.

Satu kelas maksimal berisi 10 orang peserta. "Jadi dulu karena yang minta les privat dan kelompok semakin banyak, mereka akhirnya minta untuk dibukakan kelas saja," ujar Yuna.

Ia mengatakan peserta bimbel khusus CPNS tahun ini meningkat cukup pesat dibandingkan peserta tahun lalu. LBB Uno Education sudah menyelesaikan enam gelombang dengan total 30 kelas. Satu gelombang lamanya sekitar seminggu. "Karena bimbelnya ini intensif, jadi materi satu hari bisa untuk dua sampai tiga pertemuan," tutur Yuna.

Peserta bimbel dari Akses CPNS maupun LBB Uno Education sebagian besar adalah para pekerja. Ada juga yang baru saja lulus kuliah, tapi tidak terlalu banyak. Maka dari itu, jadwal bimbingan belajarnya dibuat lebih fleksibel.           



TERBARU

[X]
×