kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bisnis berbasis teknologi digital cuan selama pandemi, ini yang mesti diperhatikan


Jumat, 05 Februari 2021 / 08:05 WIB
Bisnis berbasis teknologi digital cuan selama pandemi, ini yang mesti diperhatikan


Reporter: Fahriyadi | Editor: Fahriyadi .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Di Indonesia, bisnis di sektor berbasis teknologi digital termasuk yang diuntungkan selama masa pandemi. Adanya gaya hidup baru membuat masyarakat mau tidak mau harus terbiasa dengan teknologi digital.

“Teknologi digital sebenarnya secara global adalah hal yang diuntungkan di masa pandemi, seperti Zoom, Microsoft Teams dan yang berkaitan dengan marketplace, dan yang lainnya. Di Indonesia juga sama bahwa sektor teknologi adalah sektor yang diuntungkan dan tidak terpengaruh di masa pandemi,” papar CEO Finvesol Consulting yang juga pakar Pasar Modal Fendy Susianto dalam keterangannya, Kamis (4/2).

Fendi mengungkapkan prospek bisnis di sektor berbasis teknologi digital sangat baik. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, khususnya perusahaan yang berada di Indonesia salah satunya kecilnya kapitalisasi market. Sehingga, apabila perusahaan-perusahaan tekno yang ingin melantai di bursa saat pandemi sangatlah baik.

“Investor pasar modal akan melihat secara fundamental apakah ada pendapatannya, cashflow-nya bagaimana, ada atau tidak, positif atau tidak, karena bagaimanapun cashflow itu yang menjadi alasan mereka membeli saham tersebut karena ada nilainya,” ujarnya.

Dia menambahkan, apabila perusahaan teknologi tersebut memiliki net income bagus, pendapatan yang oke, cashflow sehat, tentu saja akan sama seperti saham-saham yang lainnya yang diminati. Sehingga, yang perlu diperhatikan bagi perusahaan startup teknologi digital yakni pendapatan, valuasi dan dapat membuktikan bisnisnya tumbuh.

“Prospek teknologi digitalnya bagus sekali, tetapi harus selektif, perhatikan fundamental bisnisnya bagus, belum tentu yang menjalankan bagus, kalau mereka kebanyakan berdarah-darah buat apa. Investor kebanyakan rasional, karena banyak saham-saham lain yang bisa menjadi pilihan, sehingga hal tersebut penting,” kata Fendi.

Chief Operating Officer & Co-Founder PT Trimegah Karya Pratama, produsen Ultra Voucher, Riky Boy Permata mengatakan sebagai perusahaan berbasis teknologi digital, yakni pelopor dan agregator voucher diskon digital terbesar di Indonesia, performa bisnis perusahaan terus bertumbuh meski adanya pandemi. Bahkan sepanjang tahun 2020, transaksi Ultra Voucher bertumbuh 200% didukung inovasi produk yang terus dilakukan.

"Kami telah mencetak pertumbuhan hingga rata-ratanya 100% setiap tahunnya. Bukan hanya dapat bertahan saat pandemi melainkan kami terus tumbuh semakin baik. Hal ini terbukti dengan meningkatnya 50% downloader Ultra Voucher di tahun 2020 hingga capai 190.000 pengguna,” jelasnya.

Riky juga menyampaikan dari jumlah tersebut, jumlah aktif pengguna bertumbuh 155%, jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Ultra Voucher, juga berhasil mencetak lebih dari 10.000 pengguna yang melakukan transaksi setiap bulannya. “Hal ini turut menunjukkan perusahaan kami tumbuh dengan baik dan sehat,” ucapnya.

Riky mengatakan, strategi bisnis yang dianut Ultra Voucher yakni menciptakan kerjasama yang saling menguntungkan antara konsumen dan juga para merchants, sehingga merchants tidak ragu untuk bekerja sama dengan Ultra Voucher.

“Saat ini, Ultra Voucher telah bermitra dengan lebih dari 300 merek ternama dan lebih dari 40.000 outlet di seluruh Indonesia. Jumlah ini tentunya terus bertumbuh sejalan dengan proses kesepakatan kerja sama baru. Kami berkomitmen untuk berkembang semakin besar dan lebih baik lagi dengan terus berkomitmen melakukan ekspansi yang relevan terhadap target pasar,” tutup Riky.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×