kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |
  • USD/IDR14.923
  • SUN92,51 0,63%
  • EMAS612.058 0,50%

Bisnis churros masih renyah dan legit

Minggu, 08 Juli 2018 / 16:05 WIB

Bisnis churros masih renyah dan legit



KONTAN.CO.ID -  Perkembangan bisnis di sektor kuliner, khususnya bidang pastrie tergolong pesat. Tiga tahun ini, toko roti dan bisnis bakeri juga terus bermunculan. Salah satu jajanan berbahan dasar tepung yang sempat jadi tren adalah churros. Camilan asal Spanyol ini sempat booming di tahun 2015.

Bentuknya yang unik dan aneka saus sebagai topping membuat churros populer di kalangan anak muda. Sepanjang 2014 - 2016, gerai churros bermunculan. Banyak pelaku usahanya juga menawarkan kemitraan.

Namun, kini, churros mulai meredup. Adanya gempuran dari tren jajanan lain, seperti thai tea, banana nuget dan es kepal milo. Lantas, apakah bisnis churros masih bisa bertahan? Bagaimana kondisinya sekarang?

Review waralaba pekan ini akan mengulas soal itu. Ada tiga pemain yang bakal KONTAN bahas, yakni Churros Delicio, Chushy Churros dan Churrios Churros. Simak ulasannya :  

Churros Delicio

Berdiri sejak 2015, Churros Delicio punya dua gerai pribadi. Di tahun yang sama, Cahyo Adhi Wibowo, sang pemilik, berhasil mengembangkan gerainya di beberapa kota seperti Pangkal Pinang, Bali, Lampung dan Semarang.

Kini, sudah ada 18 gerai yang tersebar di seluruh Indonesia. "Yang banyak, sih, di seputar Jawa, ada juga di Batam, Palu," kata Adhi.

Mulanya, Adhi menawarkan paket investasi senilai Rp 35 juta untuk tipe mini booth dan Rp 50 juta tipe mini island. Kini, dia mengganti paketnya. Yakni, paket non-booth ditawarkan dengan harga Rp 9,8 juta. sedangkan tipe booth Rp 15 juta.

Berubahnya skema investasi ini, karena Adhi mempertimbangkan konsep dan respon pasar. "Paket investasi Rp 35 juta yang dulu, itu untuk sewa indoor, tapi kami lihat responnya kurang bagus. Manajemen memutuskan untuk membuat konsep street food. Lebih baik buat paket investasi yang murah tapi banyak," terangnya.

Dengan perubahan ini, bisnis kemitraan semakin berkembang. Ia pun berharap, gerai churros-nya bisa mencapai ratusan. Saat ini, Adhi akan menambah enam gerai mitra di Batu, Ponorogo, Yogyakarta dan Bandung.

Model bisnisnya tidak banyak berubah. Ia tetap tak mengutip biaya royalti. Yang penting, supaya kualitas churros terjaga, mitra beli bahan baku dari pusat.

Namun, Adhi tak lagi menyediakan banyak varian topping. Dulu Churros Delicio punya empat rasa topping, seperti cokelat, keju, cappucino dan green tea. Kini, dia hanya menyediakan topping cokelat dan vanilla, yang lebih banyak diminati.

Rata-rata setiap mitra bisa menjual 50 porsi churros. Dengan harga Rp 15.000 per porsi, mitra pun bisa meraup omzet Rp 400.000-800.000 per hari atau Rp 12 juta-Rp 24 juta. pekiraan balik modalnya kurang dari setahun.  

Saat ini, mitranya di Palu sudah membuka tiga gerai.  Selain itu, gerai di Palu mencatatkan penjualan tertinggi dibandingkan gerai lainnya.


REVIEW WARALABA

TERBARU
KONTAN TV
Hubungi Kami
Redaksi : Gedung KONTAN,
Jalan Kebayoran Lama No. 1119 Jakarta 12210.
021 5357636/5328134
moderator[at]kontan.co.id
Epaper[at]kontan.co.id
Iklan : Gedung KOMPAS GRAMEDIA Unit 2
Lt 2 Jl. Palmerah selatan 22-28
Jakarta Selatan 10740.
021 53679909/5483008 ext 7304,7306
2018 © Kontan.co.id All rights reserved
Sitemap | Profile | Term of Use | Pedoman Pemberitaan Media Siber | Privacy Policy

diagnostic_api_kiri = 0.0010 || diagnostic_api_kanan = 0.0465 || diagnostic_web = 0.3234

Close [X]
×