kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Bisnis minuman milik anak Jokowi raih pendanaan US$ 5 juta


Jumat, 16 Agustus 2019 / 17:18 WIB
Bisnis minuman milik anak Jokowi raih pendanaan US$ 5 juta
ILUSTRASI. Kaesang dan Gibran buka gerai baru Markobar dan Sang Pisang

Reporter: Avanty Nurdiana | Editor: Wahyu Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Perusahaan milik anak Presiden Indonesia, Joko Widodo, Goola mendapat kucuran modal dari perusahaan modal ventura Alpha JWC Ventures. Nilai pendanaan yang didapat sebesar US$ 5 juta setara dengan Rp 71,25 miliar (kurs Rp 14.250 per dollar AS).

Goola adalah peritel minuman yang didirikan oleh Gibran Rakabuming, Kevin Susanto dan Benz Budiman. Jika dibanding pesaingnya yang tengah hits dengan minuman bubble tea Goola justru menyajikan minuman lokal. Seperti es doger jeger, es kacang hijau dan es goola aren.

Baca Juga: Simak tanggapan Wali Kota Solo masuknya Gibran-Kaesang bursa pilwakot Surakarta

Goola juga menerapkan pendekatan ritel baru dengan aplikasi mobile sehingga bisa mengurangi waktu tunggu di toko. Tak hanya itu, dengan aplikasi akan membantu perusahaan menganalisis kebiasaan dan preferensi konsumsi pengguna. "Saya percaya keajaiban ada dalam produk minuman kami. Jika minuman manis dari negara lain dapat populer, mengapa minuman lokal tidak dapat melakukan hal yang sama?," kata Gibran seperti dikutip Dealstreet Asia.

Gibran menambahkan, minuman yang Goola tawarkan membawa kembali kenangan masa kanak-kanak bagi para pelanggan. Startup F&B telah membuka lima toko di Jakarta dengan akan membuka 15 lagi di tahun ini. Pada tahun 2020, Goola akan memiliki 100 toko di Indonesia dan bahkan ke regional juga global.

Baca Juga: Ditanya soal peluang Jokowi, Kaesang malah promosi bisnis kopi

Dengan suntikan dana segar, Goola menargetkan kehadiran di kota tingkat pertama, kedua, dan ketiga, dan memulai ekspansi regional mulai tahun depan. "Kami bangga dengan misi kami untuk membantu para pendiri dan perusahaan Indonesia untuk menjadi sukses di Indonesia dan membawa mereka ke panggung global," terang Managing Partner Alpha JWC Ventures Jefrey Joe.

Dia menyebutkan, Goola memiliki misi dan ambisi yang sama dengan JWC memperkenalkan budaya lokal ke pasar massal dan dunia. JWC Ventura selain berinvestasi di Goola juga menanam modal di Kopi Kenangan sebesar US$ 8,5 juta pada September tahun lalu.

JWC Ventura kini mengelola dana US$ 50 juta dan US$ 100 juta. Perusahaan ini juga aktif berinvestasi pada 28 perusahaan.

 



Video Pilihan

TERBARU

Close [X]
×