kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45997,15   3,55   0.36%
  • EMAS1.199.000 0,50%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bisnis produk pelancar ASI bikin ibu senang, bayi sehat, kantong pun tebal


Sabtu, 20 Juli 2019 / 14:00 WIB
Bisnis produk pelancar ASI bikin ibu senang, bayi sehat, kantong pun tebal


Reporter: Ratih Waseso | Editor: Markus Sumartomjon

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pemberian Air Susu Ibu (ASI) eksklusif bukan sekadar kewajiban bagi ibu menyusui, tapi telah menjadi gaya hidup. Banyak para ibu menyusui meski tidak berada di luar rumah tapi tetap memerah air susu untuk si buah hati.

Untuk memuluskan pemberian ASI ini, ibu menyusui harus pandai memilih produk pelancar ASI yang dijual di pasar mulai dari suplemen hingga produk herbal. Namun dari semua minuman atau makanan pelancar ASI tersebut tak seluruhnya memiliki rasa yang enak.

Berawal dari pengalaman sebagai pejuang ASI, Stefanie Sunaryo, pemilik Hand Made Kitchen dan Mahalinda Napitupulu, pemilik Mamanduy ASI Booster kini sukses berbisnis minuman pelancar ASI.

Mahalinda merintis Mamanduy ASI Booster pada tahun 2015 dan kini sudah memiliki empat toko yang berlokasi di beberapa mal daerah Jakarta Selatan. "Karena era tahun 2015 mulai banyak grup yang memberikan dukungan untuk para ibu menyusui, ini bisa jadi momentum untuk bisnis," ungkapnya.

Wanita yang akrab disapa Indah ini awalnya berjualan secara online dan terus berkembang hingga akhirnya bisa buka toko ritel sendiri sebanyak empat cabang.

Mengemas minuman pelancar ASI dengan rasa yang enak, Mamanduy memiliki lima varian rasa yaitu nutella, banana, original, red velvet, dan matcha. Inovasi selain rasa juga dilakukan dengan menyediakan varian produk rendah kalori. Produk ASI booster rendah kalori diperuntukkan bagi para ibu menyusui yang fokus pada gaya hidup sehat dan menjaga berat badan ideal.

Produk Mamanduy di dijual dengan harga Rp 35.000 per botol. Tak hanya ASI Booster, Mamanduy juga memiliki produk lain yaitu panna cotta dan almond milk. Dalam sebulan Mamanduy mampu memproduksi hingga puluhan ribu botol. Sayangnya Indah tidak dapat menyebutkan besaran omzet yang ia peroleh.

Sementara itu, Stefanie lewat Hand Made Kitchen mulai merintis produk pelancar ASI sejak tahun lalu dan kini membuka reseller di 17 kota di seluruh Indonesia.

Stefanie menjelaskan usahanya ini memiliki empat produk susu almond, yaitu roasted, raw, breastfeeding dan pregnancy. "Dulu minum pelancar ASI tapi rasanya kurang enak dan agak encer jadi saya memutuskan bikin sendiri," katanya.

Harga satu botol minuman pelancar ASI di Hand Made Kitchen sama seperti di Mamanduy yaitu Rp 35.000. Saban bulan Stefanie mampu menjual 4.500 botol lewat pesanan dari wilayah Jakarta. "Kalau reseller ya dari ratusan sampai seribu bisa sebulan kalau sudah lama reseller bisa seribu botol sebulan," ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×