kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |
  • USD/IDR14.864
  • SUN92,51 0,63%
  • EMAS609.032 -0,82%

Bisnis roti bakar butuh kehangatan

Minggu, 09 September 2018 / 08:00 WIB

Bisnis roti bakar butuh kehangatan



KONTAN.CO.ID - Camilan roti bakar tentu tak asing bagi penikmat kuliner. Disajikan dengan beragam varian rasa, roti ini semakin renyah setelah melalui proses pemanggangan. Aromanya pun sedap dan nikmat disantap selagi hangat.

Faktor inilah yang membuat bisnis ini kerap ada di sejumlah tempat. Termasuk juga yang menawarkan kemitraan usaha. Namun, seiring persaingan yang kian ketat, para pengusaha roti bakar tidak kehilangan akal untuk selalu memberikan sentuhan anyar sebagai pengisi di dalam roti panggang tersebut. Apalagi, produk camilan aneka rupa dan rasa marak bermunculan di mana-mana.

Kurang lebih satu tahun lalu, KONTAN pernah mengulas kemitraan roti bakar. Kali ini mencoba melihat kembali perkembangan bisnis roti bakar. Apakah masih tetap menjanjikan sesuai dengan aromanya, atau malah semakin kalah bersaing dengan pemain lainnya. Berikut ulasannya:

Roti Bakar Nusantara

Kemitraan roti bakar yang pertama yakni usaha milik Fahri Nugroho. Ia membuka peluang kemitraan bagi calon pengusaha muda. Bisnis yang ia mulai sejak tahun 2012 di Yogyakarta ini kini sudah miliki 37 mitra yang bergabung. Para mitra tersebar di Yogyakarta dan sejumlah daerah di Jawa Tengah. Melihat hasil yang diklaim masih positif, ia  ia menargetkan bisa menjaring hingga 50 mitra sampai akhir tahun ini.

Paket investasi yang ditawarkan pun masih sama dengan dua tahun lalu, yakni ada dua paket investasi. Bedanya, ada kenaikan investasi  untuk paket investasi Gerobak. Kini, paket pertama yaitu Gerobak dibanderol Rp 5,3 juta. Dengan paket ini, mitra bisa mendapatkan fasilitas gerobak kayu eksklusif, bonus lampu, banner, kompor panggangan khusus, sendok selai, dan pisau potong. Selain itu, mitra juga akan mendapatkan pelatihan khusus karyawan, bebas royalti dan promosi gratis  di media sosial.

Untuk paket investasi kedua yakni paket super hemat  masih sama dengan sebelumnya.  Yakni senilai Rp 3,3 juta. Mitra akan mendapat fasilitas both portable, kompor panggangan khusus ala roti bakar Nusantara, banner, pelatihan, pisau dan sendok selai. Jadi perbedaan diantara kedua paket tersebut ada di gerobak penjualannya saja.

Untuk bisa tetap bersaing, Roti Bakar Nusantara mulai menyediakan menu anyar pada tahun ini. Seperti choco crunchy oreo, red velvet, beef special, sosis dan abon dengan kisaran  harga Rp 12.000 – Rp 15.000 per porsi.

Fahri menambahkan kendala dalam menjalin kemitraan usah tersebut justru berasal dari pemasok gerobak yang kadang terkendala. Persoalan ini bisa berakibat mitra sedikit terlambat dalam mendapat pasokan gerobak.

Untuk mengatasinya, ia tidak lagi mengandalkan pasokan gerobak dari satu sumber saja. Tapi menjalin kerjasama dengan pemasok gerobak yang lain. Kalau dulu ia hanya menjalin kerjasama dengan pemasok asal Yogyakarta saja, kini mulai menambah beberapa mitra pemasok. Salah satunya menjalin kerjasama dengan sejumlah warga di Kebumen.

Ia berharap dengan strategi tersebut, target bisa mengoperasikan 50  gerai kemitraan bisa terlaksana sampai akhir tahun ini.

Kalau ada mitra anyar yang tertarik, ia menargetkan bisa meraup omzet antara Rp 7 juta sampai Rp 8 juta per bulan. Sedangkan untuk mitra lawas omzet yang diraup per bulannya bisa lebih dari Rp 8 juta karena sudah mempunyai basis pelanggan.

Sedangkan perkiraan balik modal ia proyeksi bisa mencapai enam bulan. Tapi bisa lebih cepat bila omzet melampaui dari target lantaran margin keuntungan dari bisnis ini bisa 100%.


Reporter: Denisa Kusuma, Elisabeth Adventa, Puspita Saraswati, Tri Sulistiowati
Editor: Johana K.

0

TERBARU
Seleksi CPNS 2018
KONTAN TV
Hubungi Kami
Redaksi : Gedung KONTAN,
Jalan Kebayoran Lama No. 1119 Jakarta 12210.
021 5357636/5328134
moderator[at]kontan.co.id
Epaper[at]kontan.co.id
Iklan : Gedung KOMPAS GRAMEDIA Unit 2
Lt 2 Jl. Palmerah selatan 22-28
Jakarta Selatan 10740.
021 53679909/5483008 ext 7304,7306
2018 © Kontan.co.id All rights reserved
Sitemap | Profile | Term of Use | Pedoman Pemberitaan Media Siber | Privacy Policy

diagnostic_api_kiri = 0.0004 || diagnostic_api_kanan = 0.0860 || diagnostic_web = 3.7533

Close [X]
×