kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bisnis sosis boleh menjamur tapi ini sosis juara


Selasa, 03 November 2015 / 14:32 WIB
Bisnis sosis boleh menjamur tapi ini sosis juara


Reporter: Jane Aprilyani | Editor: Tri Adi

Kemitraan bisnis sosis terus menjamur di Indonesia. Tawaran terbaru datang dari Sosis Juara di Bandung, Jawa Barat. Paket investasinya Rp 3,5 juta. Mitra ditargetkan meraup omzet Rp 3 juta per bulan dan balk modal 3-4 bulan.

Bisnis makanan cepat saji semakin menjamur di Indonesia. Salah satu makanan cepat saji yang kini menjadi favorit pebisnis kuliner adalah sosis.

Pelaku usaha yang mencari peruntungan di bisnis sosis adalah Sofyan Nurdin asal Bandung, Jawa Barat. Bendera usahanya Sosis Juara. Usaha ini  didirikan Sofyan pada Oktober 2014.

Melihat respons pasar yang bagus, Sofyan mulai menawarkan kemitraan Sosis Juara pada Januari 2015. Saat ini, Sosis Juara telah memiliki 20 gerai. Rinciannya, satu gerai milik pusat di Bandung dan sisanya punya mitra yang tersebar di Serang, Bandung, dan Majalengka. “Rencananya akan buka gerai lagi di Cimahi milik pusat. Tapi, kami masih mencari tenaga kerjanya,” ujar Sofyan.

Bagi calon mitra yang tertarik bergabung, Sofyan menawarkan paket kemitraan Sosis Juara senilai Rp 3,5 juta. Mitra akan mendapatkan bahan baku awal sosis 4 pak, bumbu sosis seperti mayonaise, saus sambal, kecap, dan lainnya. Selain itu, peralatan dan perlengkapan usaha seperti booth, seragam karyawan, pelatihan karyawan dan x-banner.

Kemitraan bisnis Sosis Juara berlaku selama satu tahun. Dalam kerjasama ini, mitra tidak dikenakan franchise fee atau royalty fee per bulan. Mitra hanya diwajibkan untuk membeli bahan baku sosis dari pusat.

Sofyan mengklaim, keunggulan dari Sosis Juara adalah produknya yang terbuat dari bahan baku buatan home industry, kualitas daging sapi lokal, makanannya fresh, dan tanpa memakai bahan pengawet.

Gerai Sosis Juara menyediakan dua jenis sosis, yakni beef frank dan bratwurst, sosis khas dari Jerman dengan tiga varian rasa original, keju, dan blackpepper. Harga satu sosis jenis beef frank ukuran diameter 2 sentimeter (cm) Rp 7.000.

Sementara sosis jenis bratwurst dengan panjang 12 cm berdiameter 2,8 cm-3 cm dibanderol Rp 10.000, ukuran 16 cm Rp 13.000, dan 20 cm Rp 17.000. “Ini harga di Bandung dan Jawa Barat. Di luar daerah itu, harga naik karena dikenakan biaya pengiriman,” kata Sofyan.

Menurut Sofyan, satu gerai Sosis Juara bisa menjual 20-30 pak sosis per bulan. Dengan penjualan sebanyak itu, mitra diperkirakan bisa meraup omzet sekitar Rp 3 juta per bulan dengan laba bersih berkisar 30%-40%. Dus, mitra ditargetkan bisa balik modal 3 bulan-4 bulan.      

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×