kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Cara Jitu Memanfaatkan Media Sosial Untuk Pengembangan Usaha


Sabtu, 02 Juli 2022 / 09:20 WIB
Cara Jitu Memanfaatkan Media Sosial Untuk Pengembangan Usaha


Reporter: Bidara Pink | Editor: Markus Sumartomjon

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Era digitalisasi membuka pintu peluang semakin lebar untuk bisa mengembangkan usaha.

Tak cuma bagi perusahaan besar saja, tetapi juga bisa dilakukan  oleh siapa saja termasuk juga usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). Dan salah satunya adalah penggunaan platform media sosial yang dipakai untuk pengembangan usaha serta pemasaran produk.

Misalnya saja yang dilakukan oleh Sonia Basil. Dia adalah pengusaha muda yang merupakan pemilik toko kue Cakeology. Dalam mengembangkan usahanya, Sonia ternyata sering membagikan aktivitas harian dalam menjalankan usahanya melalui media sosial. Ia mengemas aktivitas ini ke dalam  konten menarik. 

Konten yang banyak diminati adalah saat ia menjalankan usaha kue. Misalnya saat ia melakukan proses membuat kue, maupun cerita-cerita di balik pembuatan kue.

Tak hanya itu ia juga berinteraksi dengan para pelanggannya lewat laman Instagram maupun Youtube. 

Cara yang sama dilakukan  Christie Basil yang merupakan seorang desainer pemilik brand Vezzo Studio. Christie  kerap membagikan kisah di balik produk gaunnya lewat laman Instagram maupun Youtube, baik mulai proses pembuatan gaun hingga proses selanjutnya.

Upaya membagikan pengalaman saat mengerjakan produk dan desain produk ke media sosial ternyata membuahkan hasil positif yakni brand-nya lebih dikenal oleh masyarakat luas. 

Baca Juga: Dihantam Pandemi Covid-19, Bakmitopia Tetap Agresif dengan Menu Nusantara

Sonia dan Christie mengaku berhasil meraup peningkatan pendapatan  yang memuaskan, yakni sekitar empat hingga lima kali lipat. Kenaikan pendapatan ini ia dapat hanya dalam setahun. 

"Bahkan setelah membuat konten dan membagikan brand, bisa mempekerjakan orang. Dan orang menjadi lebih kenal saya dan mereka lebih percaya dengan produk saya," kata Sonia dan diamini oleh Christie, saat mereka bertemu di tim Youtube Shorts, belum lama ini. 

Tak hanya Sonia dan Christie, pembuat konten Jerome Polin juga mencicipi cuan manis dari membuat konten di Youtube maupun sosial medianya.

Ia juga bisa lebih memperkenalkan bisnis makanan dan minumannya, yaitu brand Menantea semenjak rajin membagikan konten di media sosial.

Namun, Sonia, Christie, maupun Jerome mengingatkan bagi mereka yang ingin terjun maupun tengah berusaha memasarkan produknya lewat media sosial.

Ketiganya berpesan, hal yang harus diperhatikan untuk bisa sukses di dunia maya ini adalah adanya keunikan, dedikasi, serta konsistensi.  Apalagi untuk mereka yang mulai dari nol. 

Selain itu,  pembuat karya harus memiliki pola sendiri yang bisa menjadikan dirinya menarik di mata orang-orang. 

Bahkan, Jerome juga meyakinkan bahwa apabila terjadi kegagalan di awal adalah sebuah hal yang lumrah. Namun, kegagalan tersebut harus bisa dijadikan pelajaran untuk meraih kesuksesan nantinya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×