kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |

Cari penghasilan tambahan lebih mudah lewat aplikasi sampingan


Rabu, 11 September 2019 / 19:33 WIB

Cari penghasilan tambahan lebih mudah lewat aplikasi sampingan
ILUSTRASI. Bursa Kerja


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Tuntutan biaya hidup yang makin tinggi membuat beberapa orang melakoni pekerjaan sampingan demi memperoleh tambahan penghasilan.

Di samping itu, pekerjaan sampingan atau yang dikenal dengan sebutan freelance juga makin populer di kalangan generasi milenial. Saat ini, sejumlah mahasiswa mencari pekerjaan sampingan untuk mendapat uang saku tambahan.

Baca Juga: Melihat pola perilaku konsumen di era Beauty 4.0

Melihat minat dan potensi yang cukup besar terhadap pekerjaan sampingan di Indonesia, Wisnu Nugrahadi bersama dua rekannya yaitu Margana Mohamad dan Dimas Pramudya, meluncurkan aplikasi bernama Sampingan di bawah bendera PT Sampingan Mitra Indonesia.

"Kami sempat melakukan riset kecil-kecilan dan menemukan tren bahwa populasi pekerja yang membutuhkan penghasilan tambahan semakin banyak. Dari situ kami lihat kalau peluang pekerjaan sampingan ini besar juga," ungkap Wisnu Nugrahadi, CEO dan Co-Founder Sampingan pada KONTAN, Rabu (11/9).

Dari hasil temuan tersebut, Wisnu dan dua kawannya membuat aplikasi yang bisa menghubungkan para pekerja yang butuh pekerjaan sampingan dengan pelaku bisnis yang membutuhkan jasa mereka. Maka meluncurlah aplikasi Sampingan pada Agustus 2018.

Nama 'Sampingan' dipilih karena sesuai dengan produk yang ditawarkan oleh platform berbasis android ini. Wisnu mengatakan jika dirinya sengaja memilih nama tersebut karena mudah diingat dan relevan dengan pengguna aplikasinya.

Kini, aplikasi Sampingan telah diunduh lebih dari 100.000 pengguna via Play Store. Dalam aplikasi ini, para pengguna atau mitra yang tengah mencari pekerjaan sampingan memiliki sebutan Kawan Sampingan.

Wisnu menjelaskan, ada tiga keuntungan utama yang didapatkan oleh Kawan Sampingan, yaitu fleksibilitas dalam bekerja, akses ke komunitas/pelatihan, dan pilihan pekerjaan sampingan dari beragam perusahaan.

"Saat ini sudah ada sekitar 150.000 Kawan Sampingan yang bergabung, berasal dari 25 kota di seluruh Indonesia. Dulu waktu awal rilis aplikasi hanya sekitar 300 - 400 Kawan Sampingan yang bergabung," kata Wisnu.

Ia lanjut menjelaskan, mayoritas Kawan Sampingan adalah generasi milenial yang rentang usianya berada di antara 18-25 tahun. "Kebanyakan memang mahasiswa yang cari kerja tambahan," ujarnya. Syarat usia minimal untuk bisa bergabung menjadi Kawan Sampingan adalah 18 tahun ke atas.

Baca Juga: Modalku resmi gandeng Zilingo


Reporter: Elisabeth Adventa
Editor: Noverius Laoli

Hubungi Kami
Redaksi : Gedung KONTAN,
Jalan Kebayoran Lama No. 1119 Jakarta 12210.
021 5357636/5328134
moderator[at]kontan.co.id
Epaper[at]kontan.co.id
Iklan : Gedung KOMPAS GRAMEDIA Unit 2
Lt 2 Jl. Palmerah selatan 22-28
Jakarta Selatan 10740.
021 53679909/5483008 ext 7304,7306
2019 © Kontan.co.id All rights reserved
Sitemap | Profile | Term of Use | Pedoman Pemberitaan Media Siber | Privacy Policy

diagnostic_api_kiri = 0.0014 || diagnostic_api_kanan = 0.0142 || diagnostic_web = 0.1798

Close [X]
×