kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45933,01   -11,21   -1.19%
  • EMAS1.003.000 0,40%
  • RD.SAHAM -0.07%
  • RD.CAMPURAN 0.04%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.07%

Coca Cola Amatil suntik dana start up logistik


Jumat, 27 Maret 2020 / 14:26 WIB
Coca Cola Amatil suntik dana start up logistik
ILUSTRASI. Aktivitas produksi minuman dalam kemasan botol di pabrik baru Coca Cola Amatil Indonesia


Reporter: Agung Hidayat | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Coca-Cola Amatil Indonesia (Amatil Indonesia) melalui inisiatif corporate venture capital, Amatil X, secara resmi mengumumkan kerjasama bisnis dengan perusahaan rintisan Indonesia di bidang logistik, Kargo Technologies untuk membantu memperluas strategi bisnis dan proses digitalisasi di Indonesia.

Sebagai salah satu perusahaan penjualan, manufaktur dan distribusi minuman terbesar yang telah beroperasi sejak tahun 1992 di Indonesia, Amatil Indonesia telah melalukan banyak investasi di setiap fasilitas manufaktur untuk memenuhi seluruh kebutuhan masyarakat Indonesia, termasuk dalam hal pengembangan sistem dan teknologi. 

Pada tahun 2015, Amatil Indonesia mengawali perjalanan transformasi digital yang berfokus pada penggerak ekosistem digital di Indonesia dalam mendukung Making Indonesia 4.0.

Baca Juga: KFC menggandeng Coca Cola untuk memasok minuman soda selama lima tahun

Amatil Indonesia tidak hanya berinvestasi pada teknologi, tetapi juga berfokus pada pembangunan kapabilitas dan menanamkan metodologi lean start up pada karyawan, sehingga mereka dapat beradaptasi dalam menghadapi tantangan, berinovasi dengan cepat, dan menyinergikan strategi bisnis untuk masa depan. Kargo Technologies merupakan perusahaan rintisan digital yang bergerak di bidang penyediaan pasar untuk para pengusaha pengiriman dan logistik.

Kargo Technologies bertujuan mendigitalkan industri angkutan logistik Indonesia dengan memanfaatkan teknologi, guna mendorong efisiensi, transparansi, dan akuntabilitas. Melalui teknologinya, pengirim, pengangkut dan pengemudi truk dapat terhubung, bertransaksi dan melacak pengiriman secara real time, melalui akses situs dan aplikasi seluler.

Pada tahun 2019, Kargo mengumumkan telah mengumpulkan pendanaan sebesar US$ 7,6 juta. Di era Making Indonesia 4.0, Kargo Technologies akan mendukung upaya Amatil Indonesia untuk mengoptimalkan kapabilitas logistiknya, melalui peningkatan produktivitas dan efisiensi pada beberapa rute angkutan truk utamanya.

Presiden Direktur Coca-Cola Amatil Indonesia Kadir Gunduz menyampaikan bahwa kerjasama dengan Kargo Technologies merupakan sebuah momentum penting bagi perjalanan transformasi Amatil Indonesia. 

“Sebagai kekuatan di balik merek minuman favorit Indonesia, kami percaya bahwa investasi kami di Kargo Technologies akan mendukung ambisi Amatil Indonesia untuk menjadi pemain terkemuka dalam ekosistem digital di Indonesia," ujarnya dalam keterangan tertulis, Jumat (27/3).

Baca Juga: Pasar makin bertumbuh, Coca-Cola Amatil terus berinvestasi di Indonesia

Kargo Technologies adalah investasi awal pertama Amatil di Indonesia dan perusahaan mengaku senang dapat bermitra dengan mereka untuk meningkatkan kemampuan logistik Amatil Indonesia secara keseluruhan. Saat ini, Kargo Technologies sedang memenuhi dua rute transportasi darat utama.

Perusahaan berharap, strategi tersebut akan terus meningkat seiring dengan perluasan jaringan Kargo Technologies.

“Amatil Indonesia berharap bahwa kolaborasi ini tidak hanya dapat memperluas bisnis atau cara kami melayani pelanggan. Namun sekaligus menjadi sarana bagi perusahaan dalam berkontribusi terhadap kesiapan tenaga kerja di Industri 4.0, serta pertumbuhan ekonomi Indonesia secara keseluruhan," tutup Kadir.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Practical Inventory Management (SCMPIM) Supply Chain Management Principles (SCMP)

[X]
×