kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 2.284.000   34.000   1,51%
  • USD/IDR 16.595   -40,00   -0,24%
  • IDX 8.169   29,39   0,36%
  • KOMPAS100 1.115   -0,85   -0,08%
  • LQ45 785   2,96   0,38%
  • ISSI 288   0,88   0,31%
  • IDX30 412   1,48   0,36%
  • IDXHIDIV20 463   -0,53   -0,11%
  • IDX80 123   -0,09   -0,07%
  • IDXV30 132   -1,13   -0,85%
  • IDXQ30 129   -0,13   -0,10%

Crepe signature makin gencar menambah gerai


Senin, 25 Januari 2016 / 13:15 WIB
Crepe signature makin gencar menambah gerai


Reporter: Elisabeth Adventa | Editor: Roy Franedya

Crepes bukan makanan ringan asli Indonesia, namun peminatnya di dalam negeri sudah bejibun, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Pasarnya yang luas membuat banyak pengusaha melirik untuk membuka gerai makanan ringan ini. Salah satunya adalah Crepe Signature. Merek asal Malaysia ini mulai menawarkan kemitraan di Indonesia pada 2014 silam lewat PT Sentra Boga Nusantara. 

Perkembangannya dalam dua tahun terakhir ini cukup positif. Ketika KONTAN mengulas tawaran ini pada Oktober 2014 silam, baru ada dua gerai milik pusat yang beroperasi di Solo, Jawa Tengah. Kini Crepe Signature sudah memiliki 44 gerai yang tersebar di Sumatra, Sulawesi, Jawa  dan Lombok. Sebentar lagi akan ada gerai berdiri di Bali. “Pertumbuhan gerai cukup pesat. Padahal target awal kami mencapai 50 outlet di tahun 2018, kini sudah banyak yang ingin bergabung,” ujar Candra Utama, Pemilik PT Sentra Boga Nusantara sebagai master franchise di Indonesia.

Paket investasi yang ditawarkan saat ini senilai Rp 280 juta. Fasilitas yang didapat berupa peralatan usaha, bahan baku awal,  pelatihan karyawan selama tiga minggu, dan kerjasama selama lima tahun. Ini di luar biaya sewa tempat dan renovasi tempat. 

Crepes Signature menyediakan 50 varian rasa crepes diantaranya sweety crepe, fruit crepe dan salty crepe. Harganya bervariasi, mulai dari Rp 15.000−Rp 37.000 per porsi, tergantung topping. Crepe Signature juga menyediakan menu minuman dan es krim. 

Dalam sehari satu gerai rata-rata bisa menjual 100 porsi−200 porsi. Tidak heran jika Chandra mematok target penjualan yang cukup tinggi untuk tiap gerai, yakni Rp 1,5 juta−Rp 3 juta per hari atau Rp 75 juta–Rp 150 juta per bulan. Setelah dikurangi biaya bahan baku, sewa tempat, gaji pegawai dan biaya operasional lainnya, mitra masih bisa meraup laba bersih sekitar 30%. Target balik modal sekitar 15 bulan jika lokasi usaha mitra strategis. 

Kelebihan Crepes Signature menurut Candra adalah varian rasa yang lebih banyak, adonan crepes yang lebih krispi dan penyajian bentuk crepes yang unik. Chandra menargetkan bisa menambah 31 gerai lagi dalam dua tahun ke depan. Tertarik? Cermati tawarannya terlebih dahulu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
AYDA dan Penerapannya, Ketika Debitor Dinyatakan Pailit berdasarkan UU. Kepailitan No.37/2004 Pre-IPO : Explained

[X]
×