Reporter: Dupla Kartini | Editor: Dupla Kartini
JAKARTA. Usaha pangkas rambut termasuk salah satu yang kerap dicari. Maklum, kaum pria juga ingin tampil rapi, termasuk pada bagian rambut. Apalagi anak muda zaman sekarang, senang mengikuti tren gaya rambut para selebritis.
Nah, peluang ini yang dilirik Radityo sehingga mendirikan usaha pangkas rambut di Jatinangor, Jawa Barat, pada 2011 lalu. Dengan mengusung brand Moxie Barbershop, ia menawarkan jasa pangkas dan cukur rambut khusus pria. Target pasarnya, kalangan remaja dan mahasiswa. Tarifnya Rp 10.000 per layanan.
"Saya tertarik menjajal usaha ini karena investasinya tetap, pengoperasiannya mudah, dan berprospek panjang," ujarnya.
Supaya lebih cepat berkembang, Radiyo membuka tawaran kemitraan mulai awal tahun ini. Saat ini, sudah ada lima gerai Moxie yang berlokasi di wilayah Jatinangor, Bandung, Bogor dan Depok.
Berminat menjajal usaha ini? Ada tiga pilihan paket investasi. Pertama, paket bronze senilai Rp 10 juta. Di paket ini mitra mendapat peralatan mencukur standar, cermin, dua kursi cukur, dekorasi gerai, dan dua barber atau tukang cukur.
Kedua, paket silver seharga Rp 15 juta. Paket yang didapat sama dengan paket bronze, hanya jumlah kursi dan tukang cukurnya masing-masing tiga. Terakhir, paket gold dengan investasi Rp 25 juta. Mitra berhak mendapatkan perlengkapan sama seperti paket silver, hanya tipenya lebih mewah.
Menurut Radiyo, paket bronze dan silver untuk lokasi gerai di pinggir jalan protokol. Sedangkan, paket gold untuk lokasi di pusat perbelanjaan.
Ia menghitung, jika satu tukang cukur bisa menangani 20 kepala per hari, maka mitra bisa meraih omzet sekitar Rp 9 juta - Rp 12 juta. Dengan target laba bersih berkisar Rp 3 juta hingga Rp 5 juta, mitra diperkirakan bisa balik modal sekitar sembilan bulan.
Sampai akhir tahun ini, adityo membidik tambahan lima gerai baru. Makanya, ia rajin berpromosi lewat blog: www.moxie_barbers.blogspot.com.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News