kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.912.000   -20.000   -1,04%
  • USD/IDR 16.478   159,00   0,96%
  • IDX 6.789   22,70   0,34%
  • KOMPAS100 980   1,85   0,19%
  • LQ45 761   -0,97   -0,13%
  • ISSI 216   0,90   0,42%
  • IDX30 395   -0,04   -0,01%
  • IDXHIDIV20 473   1,15   0,24%
  • IDX80 111   -0,12   -0,11%
  • IDXV30 115   -0,74   -0,64%
  • IDXQ30 130   0,24   0,19%

Cuan dari bisnis pangkas rambut Moxie


Rabu, 18 September 2013 / 15:36 WIB
ILUSTRASI. PT Ace Hardware Indonesia Tbk (ACES) membukukan penurunan penjualan di tiga bulan pertama tahun 2022.


Reporter: Dupla Kartini | Editor: Dupla Kartini

JAKARTA. Usaha pangkas rambut  termasuk  salah satu yang kerap dicari. Maklum,  kaum pria juga ingin tampil rapi,  termasuk pada bagian rambut. Apalagi anak muda zaman sekarang, senang mengikuti tren gaya rambut para  selebritis.

Nah, peluang ini yang dilirik Radityo  sehingga mendirikan usaha pangkas  rambut di Jatinangor, Jawa Barat, pada  2011 lalu. Dengan mengusung brand Moxie Barbershop, ia menawarkan jasa pangkas  dan cukur rambut khusus pria. Target  pasarnya, kalangan remaja dan  mahasiswa. Tarifnya Rp 10.000 per  layanan.

"Saya tertarik menjajal usaha ini karena investasinya tetap, pengoperasiannya mudah, dan berprospek panjang," ujarnya.

Supaya lebih cepat berkembang, Radiyo  membuka tawaran kemitraan mulai awal  tahun ini. Saat ini, sudah ada lima gerai Moxie yang berlokasi  di wilayah Jatinangor, Bandung, Bogor  dan Depok.
 
Berminat menjajal usaha ini? Ada tiga pilihan paket investasi. Pertama, paket  bronze senilai Rp 10 juta. Di paket ini mitra mendapat peralatan mencukur standar,  cermin, dua kursi cukur, dekorasi  gerai, dan dua barber atau tukang cukur.

Kedua, paket silver seharga Rp 15 juta. Paket yang didapat sama dengan paket  bronze, hanya jumlah kursi dan tukang  cukurnya masing-masing tiga. Terakhir, paket gold dengan investasi  Rp 25 juta. Mitra berhak mendapatkan  perlengkapan sama seperti paket silver,  hanya tipenya lebih mewah.

Menurut Radiyo, paket bronze dan silver untuk lokasi gerai di pinggir jalan protokol. Sedangkan, paket gold untuk  lokasi di pusat perbelanjaan.

Ia menghitung, jika satu tukang cukur bisa menangani 20 kepala per hari, maka mitra bisa meraih omzet sekitar Rp 9 juta - Rp 12 juta. Dengan target laba bersih berkisar Rp 3 juta hingga Rp 5 juta, mitra diperkirakan bisa balik modal sekitar sembilan bulan.

Sampai akhir tahun ini, adityo membidik tambahan lima gerai baru. Makanya, ia rajin berpromosi lewat blog: www.moxie_barbers.blogspot.com.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Practical Inventory Management (SCMPIM) Negotiation Mastery

[X]
×