kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45774,91   4,24   0.55%
  • EMAS887.000 -1,88%
  • RD.SAHAM 0.90%
  • RD.CAMPURAN 0.65%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.47%

Cuan nikmat dari olahan bebek dan ayam


Kamis, 21 Agustus 2014 / 16:50 WIB
Cuan nikmat dari olahan bebek dan ayam

Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Rizki Caturini

Olahan ayam dan bebek sudah menjadi kuliner yang begitu populer. Itu sebabnya, banyak pelaku usaha mengusung kedua menu ini sebagai menu utama di bisnis kuliner mereka. Masing-masing menawarakan kekhasan tersendiri baik dari sisi rasa maupun konsep.

Salah satunya adalah  Bebek dan Ayam Lunak 99 dari Sidoarjo, Jawa Timur. Si empunya, Mustakim memulai usaha ini sejak 2013. Dia meracik ayam dan bebek dengan bumbu rahasia yang membuat daging terasa lebih lunak plus racikan sambal spesial sebagai cocolan.

Lantaran banyak yang berminat menjadi mitra usaha, Mustakim memutuskan mengembangkan usahanya lewat tawaran kemitraan sejak Juni 2014. Kini, ia sudah memiliki satu mitra di Surabaya, Jawa Timur. Sedangkan milik pusat sudah ada dua gerai.

Untuk kemitraan, Mustakim menawarakan dua paket investasi yakni Rp 40 juta dan Rp 100 juta yang berlaku untuk selamanya. Dengan paket tersebut mitra akan mendapatkan bahan baku awal berupa ayam, bumbu dan sambal khusus, peralatan masak, etalase gerai, dan peralatan makan.

Perbedaan di antara kedua paket tersebut adalah jumlah bahan baku dan peralatan serta perlengkapan yang didapat mitra. Selain itu, perlengkapan juga disesuaikan dengan luas tempat usaha. “Bahan baku untuk paket Rp 40 juta hanya  5 ekor ayam dan 5 ekor bebek. Sedangkan paket kedua masing-masing dapat 10 ekor,” kata dia.

Mustakim mengatakan, harga jual Bebek dan Ayam Lunak 99 disesuaikan dengan lokasi usaha. Namun untuk wilayah Surabaya dan sekitarnya menu ayam dan bebel dijual berkisar Rp 15.000 per potong.

Biaya royalti 5%

Mustakim mengestimasikan, dengan penjualan 15 potong hingga 20 potong ayam atau bebek per hari, mitra bisa meraup omzet Rp 25 juta–Rp 35 juta setiap bulan. Dengan laba bersih sekitar 20%, mitra bisa balik modal dalam waktu satu tahun sampai satu setengah tahun.

Mustakim mengenakan biaya royalti 5% dari omzet setiap bulan. Selain itu, mitra juga wajib membeli bumbu dan sambal dari pusat. Mustakim mengklaim Bebek dan Ayam Lunak 99 memiliki kelebihan dari segi rasa. Ia bilang, bumbu yang ia racik menyerap hingga ke dalam daging sehingga rasanya lebih nikmat. Hingga akhir tahun, ia menargetkan bisa memiliki 6 mitra usaha.

Erwin Halim, pengamat waralaba menilai, peluang usaha gerai ayam dan bebek goreng saat ini masih cukup menjanjikan. Peminat dua kuliner ini cenderung meningkat terutama bebek goreng. Kemitraan yang ditawarakan Bebek dan Ayam Lunak 99 dengan periode balik modal sampai satu setengah tahun masih cukup masuk akal. Namun untuk dapat berkembang, Erwin bilang,  pewaralaba harus melakukan branding terus menerus mengingat usia usaha ini masih cukup baru.Selain itu, lanjut Erwin, pusat juga harus membantu mencari lokasi yang strategis untuk mendukung calon mitra.    n

Bebek & Ayam Lunak 99
Jalan Raya Kebon Agung, Sukodono, Sidoarjo  
HP: 08177515827/ 08813179422



TERBARU

[X]
×