Close | x
kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |

Cuit...cuit...cuan nyaring dari kicauan cucak rowo

Minggu, 07 Oktober 2018 / 07:15 WIB

Cuit...cuit...cuan nyaring dari kicauan cucak rowo



KONTAN.CO.ID - Memelihara burung cucak rowo awalnya memang hanya sekedar hobi, namun siapa sangka jika hobi tersebut memberikan penghasilan. Seperti Johan Maulana asal Medan yang membudidayakan burung kicau, termasuk cucak rowo sejak delapan  tahun lalu.

Johan bilang, selain murai batu, masih banyak orang mencari cucak rowo. "Harganya juga relatif stabil dan masih tinggi, tidak mudah jatuh," kata Johan.

Ia menjelaskan, ada beberapa jenis burung cucak rowo yang sering dibudidayakan, yakni cucak rowo papua, cucak rowo sumatra, cucak rowo gacor dan cucak rowo bakalan.

Johan sendiri membudidayakan cucak rowo sumatra. Harganya beragam, mulai Rp 1,5 juta-Rp 6 juta per ekor. Ia mengatakan, harga cucak rowo tergantung umur, ukuran dan pengalamannya. Harga Rp 1,5 juta-Rp 2,5 juta merupakan harga jual untuk anakan cucak rowo.

"Kalau burung cucak rowo ini pernah ikut lomba, harganya bisa makin tinggi. Apalagi kalau sudah pernah beberapa kali menang, makin tinggi lagi harganya," ujar Johan. Harga cucak rowo yang sudah berpengalaman lomba dan menang bisa dibanderol Rp 25 juta-Rp 50 juta per ekor.

Pembeli cucak rowo sumatra milik Johan juga tersebar di beberapa kota seperti Medan, Pekanbaru, Lampung, Padang, Surabaya, Jakarta, Malang, dan Sulawesi. "Pembeli sih tidak tentu, tapi pasti ada saja dalam sebulan. Rata-rata, saya bisa jual 8-12 ekor sebulan," ujarnya. Biasanya, konsumen pemula lebih sering membeli sepasang cucak rowo.

Penghasilan yang berasal dari hobi juga dirasakan oleh Saiful Rahman asal Bekasi. Ia membudidayakan cucak rowo sejak lima tahun lalu. Berbeda dengan Johan, Saiful membudidayakan cucak rowo jenis papua dan gacor. Harga yang dibanderol untuk satu ekor cucak rowo mulai Rp 850.000 sampai Rp 15 juta.

"Cucak rowo jenis papua memang termasuk jenis burung yang paling murah, dibanding jenis cucak rowo lainnya. Harga Rp 850.000 itu untuk harga anakan 2 bulanan. Kalau lebih tua, harganya pasti lebih mahal. Kalau cucak rowo gacor memang jenis yang harganya lumayan tinggi," jelas Saiful.

Ia mengungkapkan, jika penggemar cucak rowo masih banyak meski bukan termasuk burung kicau jenis baru. Terutama bagi penggemar burung kicau di daerah Jakarta, Bekasi, Bogor, dan sekitarnya. Saiful mengaku bisa menjual rata-rata 10-20 ekor saban bulan.

"Konsumen paling banyak ya sekitar Jabodetabek. Kadang saya nggak jual juga, tukeran aja sama teman yang sama-sama hobi burung. Itung-itung nambah koleksi jenis lain," tandasnya. Ia mengatakan, tukar menukar burung kerap terjadi antar sesama pembudidaya yang juga penggemar burung.      


AGRIBISNIS

TERBARU
Seleksi CPNS 2018
KONTAN TV
Hubungi Kami
Redaksi : Gedung KONTAN,
Jalan Kebayoran Lama No. 1119 Jakarta 12210.
021 5357636/5328134
moderator[at]kontan.co.id
Epaper[at]kontan.co.id
Iklan : Gedung KOMPAS GRAMEDIA Unit 2
Lt 2 Jl. Palmerah selatan 22-28
Jakarta Selatan 10740.
021 53679909/5483008 ext 7304,7306
2018 © Kontan.co.id All rights reserved
Sitemap | Profile | Term of Use | Pedoman Pemberitaan Media Siber | Privacy Policy

diagnostic_api_kiri = 0.0041 || diagnostic_api_kanan = 0.4450 || diagnostic_web = 2.6623

Close [X]
×