kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.006,18   -2,11   -0.21%
  • EMAS991.000 1,02%
  • RD.SAHAM -0.07%
  • RD.CAMPURAN 0.04%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.07%

Delos Menjaring Petambak Udang Lewat Aplikasi AquaHero


Sabtu, 19 November 2022 / 10:20 WIB
Delos Menjaring Petambak Udang Lewat Aplikasi AquaHero


Reporter: Lailatul Anisah | Editor: Markus Sumartomjon

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Tak bisa dipungkiri, teknologi bisa membantu industri dari berbagai bidang untuk mengembangkan usahanya, termasuk industri perikanan budidaya udang.

Sektor inilah yang coba disasar oleh Delos. Perusahaan rintisan atau start up lokal ini menyediakan layanan teknologi bagi pebisnis perikanan dan petambak yang kerap disebut aquatech.

Nah, belum lama ini, Delos melansir aplikasi anyar yang diberi nama AquaHero.

Guntur Mallarangeng, Chief Executive Officer (CEO) Delos mengklaim aplikasi AquaHero bisa  memudahkan para petambak untuk mengawasi dan meningkatkan produktivitas tambak udang dengan fitur layanan yang sudah tersedia.

"Harapan kami, produktivitas industri tambak udang di Indonesia terus meningkat secara nyata," jelas Guntur dalam peluncuran aplikasi AquaHero (4/11).

AquaHero juga tersedia dalam  versi mobile. Tujuannya agar para pemilik tambak, penanggungjawab tambak, hingga para manajer dan teknisi kolam  bisa memonitor serta mengunggah data kondisi tambak setiap saat.

Baca Juga: Startup Akuakultur Indonesia dari Aruna, eFishery, Delos Banjir Pendanaan Investor

Benyamin Indra Prawira, Chief Product Officer (CPO) Delos menambahkan, AquaHero layaknya sebuah kompas yang dapat dijadikan acuan bagi semua petambak. Ini karena aplikasi tersebut mempunyai beberapa fitur yang bisa mengoptimalkan hasil panen tambak udang.

Pertama, fitur pemantauan keuangan tambak yang menyediakan estimasi balik modal selama siklus budidaya berjalan. Estimasi tersebut bisa aplikasi ini hitung melalui data yang telah diunggah oleh para pengelola tambak.

Kedua, ada fitur rekomendasi yang membantu manajer dan teknisi tambak untuk mendapatkan prediksi dan rekomendasi agar bisa mencapai hasil panen udang yang optimal.

Ketiga, fitur indeks kualitas air, berupa kemampuan untuk memasukkan dan mengolah data kualitas air harian setiap kolam. Kualitas air ini amat penting untuk menjaga tingkat keasaman kolam yang bisa berpengaruh terhadap udang.

Selain itu, ada fitur monitoring untuk kondisi dan pertumbuhan udang yang bisa dipantau kapan saja dan di mana saja.

Guntur pun mengklaim, petambak yang memanfaatkan aplikasi Delos serta fitur AquaHero bisa meningkatkan hasil panen tambak udangnya sebesar 17%. Bahkan ia juga mengklaim ada petambak yang meraup hasil panen udang sampai tiga kali lipat setelah memanfaatkan aplikasi AquaHero.

Namun, manajemen Delos tidak merinci soal target bisnis yang dipatok hingga akhir tahun ini serta tahun depan, termasuk rencana bisnis lainnya.

Yang jelas, aplikasi Delos sudah dipakai oleh para petambak udang tidak cuma di sekitar Jabodetabek saja, melainkan juga sudah dimanfaatkan oleh petambak yang berasal dari daerah Garut, Banyuwangi, Lampung, Bangka, Aceh, hingga Pontianak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
Supply Chain Management on Practical Inventory Management (SCMPIM) Supply Chain Management Principles (SCMP)

[X]
×