kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |
  • USD/IDR13.945
  • EMAS704.000 -1,40%
  • RD.SAHAM 0.53%
  • RD.CAMPURAN 0.27%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.13%

Demam KPop menyulut bisnis merchandise kian meriah


Minggu, 23 September 2018 / 07:00 WIB

Demam KPop menyulut bisnis merchandise kian meriah

KONTAN.CO.ID - Korea Selatan memang kaya dengan seni budaya yang unik dan beragam. Salah satunya adalah pada bidang musik. Musik Korean Pop atau yang lazim disebut KPop ini begitu menjangkiti masyarakat dunia. Termasuk Indonesia.

Masih segar dalam ingatan ketika salah satu grup KPop, Super Junior (Suju) tampil dalam penutupan ajang Asian Games beberapa waktu lalu. Penonton dan penggemarnya mampu menggemparkan Gelora Bung Karno.

Demam KPop yang cepat menjalar ke anak-anak muda ini menjadi berkah bagi para pelaku usaha. Lantaran mengidolakan artis atau penyanyi asal negeri gingseng, para penggemar tak tanggung-tanggung dalam meniru penampilannya.  Bahkan, tidak sedikit yang rela merogoh koceknya dalam-dalam untuk membeli setiap suvenir sang idola.  

Rizki Eliani pemilik Necshopkpop asal Tegal, Jawa Tengah mengamini hal tersebut. Sejak membuka usahanya pada tahun 2011 sampai sekarang, ia melihat pasarnya terus berkembang. Permintaan juga meningkat.

Rizki pun bisa menjual ribuan produk merchandise saban bulan. Barang yang dipesan adalah t-shirt, kemeja dan jaket yang digunakan sang idola.

Yang paling banyak dicari adalah t-shirt dari kelompok Wanna One. Maklum, band jebolan ajang pencarian bakat ini baru menyelesaikan konsernya di Jakarta pada Juli 2018 dan dikabarkan akan segera bubar.

Selain itu, t-shirt IKON dan BTOB juga banyak dipesan. Karena, akan menggelar konsernya di ibukota pada bulan ini dan bulan depan.

"Pasca Suju konser di closing ceremony Asian Games, banyak konsumen yang mencari lagi merchandise mereka, lumayan juga," katanya.

Selain menyediakan berbagai t-shirt konser para idola KPOP, perempuan yang lebih akrab disapa El ini juga melengkapi koleksinya dengan berbagai airport style para artis Korea.

Ia mematok harga pernak-pernik suvenir ini mulai dari Rp 89.000 sampai Rp 300.000 per unit. Sayangnya, El enggan menyebutkan total keuntungan yang berhasil dikantonginya.

Bunga Ayu Andini Januarista, pemilik WBKPOPSHOPMALANG mengaku pasar merchandise KPop makin luas. Karena tidak hanya orang dewasa dengan rentang usia 20 tahunan keatas, tapi anak umur 10 tahun sampai 18 tahun juga menyukai KPOP.

Berbeda dari sebelumnya, perempuan berhijab ini menyediakan aneka merchandise official dan unofficial mulai dari gantungan kunci, album, t-shirt, jaket, tas, dan lainnya.

El menjual berbagai produk itu mulai dari Rp 5.000 sampai Rp 1 juta. Dalam sebulan, pesanan bisa sampai ratusan unit.

Menggunakan media sosial dan marketplace membuat jangkauan pasarnya cukup luas. Mulai dari sekitar Malang, Surabaya, Kediri, Papua, Jakarta, Kalimantan, Malaysia, dan lainnya.      


Reporter: Tri Sulistiowati
Editor: Johana K.

TERBARU
Hubungi Kami
Redaksi : Gedung KONTAN,
Jalan Kebayoran Lama No. 1119 Jakarta 12210.
021 5357636/5328134
moderator[at]kontan.co.id
Epaper[at]kontan.co.id
Iklan : Gedung KOMPAS GRAMEDIA Unit 2
Lt 2 Jl. Palmerah selatan 22-28
Jakarta Selatan 10740.
021 53679909/5483008 ext 7304,7306
2019 © Kontan.co.id All rights reserved
Sitemap | Redaksi | Term of Use | Pedoman Pemberitaan Media Siber | Privacy Policy

diagnostic_api_kiri = 0.0017 || diagnostic_api_kanan = 0.0561 || diagnostic_web = 0.3393

Close [X]
×