kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Di Klender, ada cabang pasar bunga Rawa Belong lo! (1)


Minggu, 23 September 2018 / 06:05 WIB
Di Klender, ada cabang pasar bunga Rawa Belong lo! (1)


Reporter: Tri Sulistiowati | Editor: Johana K.

KONTAN.CO.ID - Berburu bunga potong kini tak harus datang ke Pasar Kembang Rawa Belong, Jakarta Barat. Bagi Anda yang berada di Jakarta bagian timur atau timur Jakarta, boleh saja datang ke Jl. Ngurah Rai, Klender.

Di kawasan ini terdapat sentra penjualan bunga potong dan bunga papan yang berdiri sejak Agustus 2016 lalu. Kios-kios yang ada merupakan swadaya para pedagang  bunga di Rawa Belong, Jakarta Barat. Tujuan pembangunannya adalah untuk mendekatkan lokasi belanja konsumen yang berada di sekitar Jakarta Timur dan luar kota seperti Bekasi, Depok, dan lainnya.

Dari hasil pantauan KONTAN yang menyambangi lokasi pada Minggu (16/9), terlihat sekitar 21 kios berjajar rapi. Aneka bunga potong yang dibungkus dengan kertas ditata melingkar di dalam area kios. Dengan penataan ini, para  pengunjung pun dapat langsung memilih bunga yang diinginkan. Bila tak menemukannya, jangan sungkan untuk menanyakan langsung kepada si penjual.

Tidak hanya bunga potong, beberapa kios di sana terlihat menjual aneka properti dekorasi interior dan pupuk tanaman. Semuanya diletakkan rapi di dalam kios.

Lokasi sentra ini tidak terlalu besar. Namun cukup nyaman untuk berjalan -jalan memilih bunga. Bila membawa kendaraan pribadi dapat diparkir tepat dibelakang kios.

Namun, pagi itu hampir setengah dari seluruh kios tutup dan tidak terlihat para pelanggan datang. Para penjaga toko pun nampak bersantai.

Aris Sunandar, penjaga kios Rizky Florist mengaku, tidak banyak konsumen yang datang ke lokasi. Alasannya, banyak orang yang masih belum tahu tentang sentra bunga tersebut.

"Lokasinya terlalu tertutup dan saya rasa kurang promosi sehingga orang jarang main-main kesini," katanya pada KONTAN. Rata-rata konsumen yang datang adalah para pelanggan lama yang tinggal di kawasan Bekasi, Jawa Barat.

Sekedar info, Rizky Florist merupakan gerai cabang Rizky Florist yang berada di Pasar Bunga Rawa Belong. Seperti di Rawa Belong, kios tersebut menyediakan berbagai macam bunga dan dedaunan potong seperti mawar, aster, krisan, phylodendrum, dan lainnya.

Harganya pun dipatok bervariasi mulai dari Rp 150.000 per 100 batang sampai Rp 200.000 per 100 batang. Sayang, dia enggan menyebutan total permintaan saban bulannya.

Dadan Wildansyah, penjaga kios Gina Florist mengaku sebaliknya, konsumen sudah mulai tahu bila ada sentra penjualan bunga potong di Klender. Meski begitu, dia belum menemukan pelanggan baru yang berbelanja.

Konsumennya pun masih di dominasi para pelanggan lama yang berasal dari Bekasi dan Depok, Jawa Barat. Hampir seluruh pelanggannya adalah penyedia jasa dekorasi pernikahan sampai dengan pembuat bunga papan. Sama dengan sebelumnya, kios tersebut merupakan cabang dari toko bunga yang berpusat di Pasar Bunga Rawa Belong.

Bunga yang disediakan bermacam-macam seperti aster, garbera, krisan, dan sedap malam. Untuk harganya dibandrol mulai dari Rp 120.000 sampai Rp 300.000 per ikat (isi 10 ikat).       

(Bersambung)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×