kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45925,22   -10,30   -1.10%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Di Klender, ada cabang pasar bunga Rawa Belong lo! (2)


Minggu, 23 September 2018 / 06:15 WIB
Di Klender, ada cabang pasar bunga Rawa Belong lo! (2)


Reporter: Tri Sulistiowati | Editor: Johana K.

KONTAN.CO.ID - Seiring berkembangnya gaya hidup masyarakat kota, kebutuhan bunga juga terus meningkat. Ada tempat-tempat khusus yang selalu membutuhkan rangkaian bunga nan cantik. Sebut saja, hotel, restoran dan perkantoran.  

Permintaan bunga juga akan naik saat menjelang akhir pekan. Mulai dari Kamis sampai Sabtu menjadi waktu paling sibuk bagi pedagang bunga. Termasuk penjual bunga potong di Klender, Jakarta Timur.

Pada hari-hari itu, banyak florist, perangkai bunga atau dekorator pesta yang berbelanja bunga untuk berbagai keperluan. Mulai dari rangkaian bunga untuk gereja hingga dekorasi pesta.

Saat akhir pekan menjadi waktu berburu bunga lantaran pasokan bunga selalu datang setiap hari Rabu. Diluar hari tersebut,  bunga yang dipajang hanyalah bunga sisa penjualan hari sebelumnya. Namun, meski sudah terpaut tiga hari atau lebih, kualitas bunga tetap terjaga.

Ember besar berisi air bersih selalu disediakan sebagai tempat merendam bunga potong agar tidak layu. Para penjaga kios selalu mensortir bunga tiap hari, untuk menyiangi bunga yang mulai membusuk.  

Memasuki bulan-bulan pernikahan, konsumen mulai berebut bunga potong. Bahkan, pesanan biasanya datang sejak jauh-jauh hari.

Garbera dan aster adalah dua bunga yang populer saat ini. Harganya pun bisa melonjak tinggi, bila permintaannya banyak tapi stok terbatas.

Aris Sunandar, penjaga kios Rizky Florist mengatakan harga bunga aster bisa naik hingga lebih dari dua kali lipat. Tak hanya bunga, harga daun phylodendrum juga ikut naik saat musim pesta. "Setiap minggu kami mendatangkan sekitar 1.000 batang bunga dan daun yang akan habis dalam waktu tiga hari," katanya pada KONTAN.

Selain pesta, musim wisuda sekolah dan universitas juga menjadi ajang panen mereka. Namun, yang mengalami kenaikan biasanya bugna mawar. Harganya bisa mencapai Rp 900.000 per ikat. Aris bilang, pada saat seperti ini setiap penjual buket bunga selalu berlomba-lomba berbelanja karena takut kehabisan barang.

Sekadar info, selain menjual bunga potong Rizky Florist juga menerima pesanan buket bunga instan. Setelah memilih bunga yang diinginkan, pelanggan cukup menunggu 30-60 menit, buket akan siap di bawa pulang. Jasa merangkai bunga buket ini mulai dari Rp 70.000 sampai Rp 500.000 per buket.  

Semua bunga yang ada di kiosnya didatangkan langsung dari Cipanas, Bogor, dan Bandung, Jawa Barat. Sekali antar, terdapat ratusan hingga ribuan batang bunga potong.

Senada dengan Rizky, Dadan Wildansyah, penjaga kios Gita Florist juga mengatakan, musim pesta pernikahan menjadi waktu panen. Biasanya, semua bunga yang ada di kios ditujukan kepada konsumen yang sudah memesan jauh-jauh hari.

Bunga-bunga yang paling banyak dicari untuk dekorasi pesta adalah krisan. Terbatasanya stok membuat bunga ini dibanderol tinggi mencapai Rp 300.000 per ikat.

Lainnya, laki-laki berkumis ini bilang, menjelang hari raya Idul Fitri juga menjadi waktu yang ditunggu-tunggu. Alasannya, banyak konsumen yang membeli bunga sedap malam sebagai pelengkap dekorasi sekaligus pengharum rumah. Sekedar info, semua bunga yang ada di kiosnya didatangkan langsung dari Cipanas, Bogor, Jawa Barat. Semua stok akan datang pada hari Rabu.    

(Bersambung)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×