kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45904,83   21,77   2.47%
  • EMAS938.000 -0,42%
  • RD.SAHAM -1.82%
  • RD.CAMPURAN -0.92%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.02%

Dorong keamanan data lembaga pendidikan, Infradigital terapkan ISO 27001 : 2013


Kamis, 29 Oktober 2020 / 11:45 WIB
Dorong keamanan data lembaga pendidikan, Infradigital terapkan ISO 27001 : 2013
ILUSTRASI. Keamanan data digital.


Reporter: Tendi Mahadi | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Infradigital, startup edu-fintech yang bergerak dalam digitalisasi layanan pendidikan berhasil mendapatkan sertifikasi ISO : 27001 2013 tentang Sistem Manajemen Keamanan Informasi (ISMS). Perolehan sertifikasi ini menunjukkan komitmen Infradigital dalam menerapkan industry best practice serta menjaga keamanan informasi bagi produk dan pengguna produk layanan digitalnya, yang biasa disebut dengan Jaringan IDN.

CEO Infradigital, Ian McKenna menyatakan bahwa penerapan ISO ini membentuk kerangka kerja untuk Infradigital secara internal menerapkan manajemen keamanan informasi dan menjamin semua penerapan tersebut dapat dipertanggungjawabkan melalui audit eksternal. Ini juga menumbuhkan budaya keamanan informasi di dalam Infradigital. Melalui ISO, Infradigital memberikan edukasi ke semua karyawan tentang pentingnya keamanan dan memastikan setiap proses kerja yang dilakukan di  setiap divisi itu aman setiap harinya. Yang sangat penting juga, keamanan menjadi bagian dari DNA perusahaan, tidak hanya untuk divisi engineering dan security, namun juga untuk seluruh organisasi.

Muhammad Irwin, VP Engineering PT Infradigital Nusantara yang memimpin langsung penerapan ISO 270001 : 2013 menambahkan proses sistem manajemen keamanan informasi ini fokus pada tiga hal, yakni confidentiality, integrity, dan availability. Confidentiality mencakup pada kerahasiaan informasi dan distribusi akses serta peran tanggung jawab informasi di setiap departemen dalam perusahaan.

Baca Juga: Aspakrindo terapkan pelaporan transaksi aset kripto

Integrity mencakup pada validitas dari aktivitas pengumpulan data dan informasi demi mengurangi resiko kesalahan data dan informasi. Availability mencakup ketersediaan akses data dan perlindungan serta mitigasi data dari beberapa masalah informasi seperti kebocoran data, server down, cyber attack, hacking, dan lain-lain.

Proses implementasi keamanan informasi di Infradigital dilakukan secara menyeluruh ke semua divisi di perusahaan melalui rangkaian tahapan seperti penetapan dan peninjauan ulang terkait prosedur operasi standar (SOP), pelatihan implementasi langkah keamanan, mengenal kesadaran dan resiko keamanan hingga proses audit internal dan audit eksternal.

Indah Maryani, COO Infradigital menegaskan pihaknya berkomitmen penuh untuk memberikan layanan yang terbaik untuk Lembaga Pendidikan. “Sertifikasi ISO 270001 ini salah satu bentuk keseriusan kami dalam Keamanan Sistem serta menjaga dan memproteksi Data bagi Lembaga Pendidikan, Siswa dan Orang Tua. Kami berharap Lembaga Pendidikan maupun Orang tua semakin nyaman dalam menggunakan layanan Jaringan IDN,” paparnya.

 

Selanjutnya: Diperpanjang hingga Desember, ini cara daftar BLT UMKM online di Kota Tangerang

 


Tag


TERBARU
Corporate Valuation Model Presentasi Bisnis yang Persuasif

[X]
×