kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Dorong Pengembangan UMKM, ID-OpenTech Group Akan Investasi di Levabit


Jumat, 25 November 2022 / 22:20 WIB
Dorong Pengembangan UMKM, ID-OpenTech Group Akan Investasi di Levabit


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kementerian Koperasi dan UKM mencatat jumlah UMKM saat ini mencapai 64,19 juta dengan kontribusi terhadap PDB sebesar 61,97% atau senilai Rp 8.573,89 triliun. 

Kontribusi UMKM terhadap perekonomian Indonesia meliputi kemampuan menyerap 97% dari total tenaga kerja yang ada serta dapat menghimpun sampai 60,4% dari total investasi. 

Tingginya jumlah UMKM di Indonesia tidak terlepas dari berbagai tantangan serta kondisi pasca pandemi Covid-19 yang mendorong perubahan pada pola konsumsi barang dan jasa menjadi momentum untuk mengakselerasi transformasi digital, namun baru sekitar 8% pelaku UMKM di Indonesia yang baru memanfaatkan platform online dalam memasarkan produk dan jasa mereka.

Oleh karena itu, PT Digipro Centralindo Indonesia melalui platform Levabit melihat perlu peningkatan edukasi kepada pelaku UMKM untuk dapat memanfaatkan exposure dari teknologi digital sebagai media yang efektif untuk memasarkan produk maupun jasa mereka.

Baca Juga: Supaya Finansial Tahan Banting, Milenial Mesti Melek Terhadap Kebutuhan Industri

"Pasalnya, saat ini bary ada sekitar 8% UMKM yang memanfaatkan media tersebut," kata Ismawan Pamudji CEO & Co-Founder Levabit dalam keterangan resminya, Jumat (25/11).

Untuk memperkuat Digital Marketing UMKM, Levabit dan ID-Opentech melakukan penandatangan nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) dalam rangka kerja sama penyertaan investasi dalam bentuk investasi teknologi senilai Rp 30 miliar.

Kerjasama ini diharapkan akan memperkuat sisi teknologi dan bisnis dari Levabit untuk dapat menjangkau seluruh pelaku bisnis baik skala besar maupun UMKM di Indonesia.

ID-Opentech Group sudah berpengalaman dalam mengembangkan bisnis teknologi digital dengan beberapa platform digital yang sudah berkembang dan diperhitungkan secara nasional maupun regional Asia. ID-Opentech Group sangat berpengalaman mengembangkan bisnis startup, sehingga mencapai nilai valuasi yang tinggi  dengan model bisnis yang dikembangkannya.

ID-Opentech Group berencana berinvestasi di platform Levabit secara teknologi, networking dan model bisnis senilai Rp 30 miliar. 

"Kami sangat tertarik dengan ide bisnis dari Levabit dan sangat yakin inilah yang dibutuhkan di Indonesia dengan para pelaku UMKM yang masih sangat besar, sehingga ke depannya kami akan bawa Levabit ini menjadi model bisnis web 3," tutur Raine Renaldi President Director ID-Opentech Group.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×