kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45878,14   -8,04   -0.91%
  • EMAS1.329.000 -0,67%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Dukung UMKM yang Dipimpin Wanita, Oppo, Mastercard dan YCAB Salurkan Donasi Rp 1,4 M


Rabu, 08 Mei 2024 / 10:54 WIB
Dukung UMKM yang Dipimpin Wanita, Oppo, Mastercard dan YCAB Salurkan Donasi Rp 1,4 M
ILUSTRASI. UMKM yang dipimpin perempuan menghadapi kendala akses permodalan. TRIBUN BATAM/ARGIANTO DA NUGROHO


Reporter: Ahmad Febrian | Editor: Ahmad Febrian

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) menjadi salah satu tulang punnggung ekonomi nasional. Maka, beragam dukungan mengalir.  Terbaru, Mastercard dan OppoIndonesia menyalurkan donasi sebesar lebih dari Rp 1,4 miliar  melalui kerja sama dengan Yayasan Cinta Anak Bangsa (YCAB) Foundation.

Donasi itu berasal dari periode kampanye dari 20 November hingga 31 Desember 2023, Mastercard mendonasikan Rp 500.000 untuk setiap pembelian smartphone Oppo menggunakan kartu debit dan kredit Mastercard di Oppo brand store dan online store. Khusus pembelian Oppo Find N3, Mastercard menggandakan jumlah donasi menjadi Rp 1 juta. 

Hasil donasi mengalir untuk program-program pemberdayaan bagi 500 UMKM yang dipimpin oleh perempuan di Jabodetabek, untuk meningkatkan literasi digital dan finansial mereka. Pada waktu yang bersamaan, sebesar 25% untuk UMKM yang fokus kepada produk halal. 

Di Indonesia, lebih dari 64% UMKM dipimpin oleh  perempuan dan semuanya memiliki peran vital dalam mendorong pertumbuhan ekonomi nasional. Kendati perannya yang penting, banyak UMKM yang dipimpin perempuan masih menghadapi tantangan dalam mengakses permodalan untuk mengikuti arus bisnis yang terus berkembang. Membekali literasi digital dan finansial kepada UMKM yang dimiliki oleh perempuan menjadi esensial untuk membantu mereka sukses dan tetap tangguh.

Baca Juga: Pendapatan 54% Perempuan Pemilik UKM di Indonesia Meningkat Sejak Pembayaran Digital

“Melalui kolaborasi dengan Mastercard dan Oppo Indonesia, kami  memberikan dukungan yang krusial untuk para pengusaha tersebut. Memungkinkan mereka mendapat akses ke sumber daya dan pengetahuan yang diperlukan untuk mencapai kesuksesan di ekonomi masa kini,” ujar Veronica Colondam, Founder dan CEO YCAB Foundation, Selasa (7/5). 

Patrick Owen, Chief Marketing Officer Oppo Indonesia mengungkapkan, program ini menjanjikan masa depan yang lebih cerah bagi UMKM perempuan di Jabodetabek. "Kerjasama ini komitmen kami bersama untuk membuat dampak positif dalam kehidupan masyarakat dan kami berharap program kolaboratif ini memberikan banyak manfaat bagi banyak orang, serta terus berkembang ke depan," terang Patrick. 

Aileen Goh, President Director, PT Mastercard Indonesia, menyatakan perempuan pengusaha mengambil peran penting dalam memberikan pengaruh positif kepada perekonomian, keluarga, serta komunitas mereka. "Dengan memberikan program literasi finansial dan digital, inisiatif ini menunjukkan komitmen Mastercard untuk meningkatkan inklusi finansial dan digital di tengah masyarakat," ujar Aileen. 


 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×