kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

E-commerce sepeda motor Moladin raih pendanaan pra-seri A


Kamis, 16 Januari 2020 / 12:55 WIB
E-commerce sepeda motor Moladin raih pendanaan pra-seri A
ILUSTRASI. start-up penjualan sepeda motor Moladin

Reporter: Maizal Walfajri | Editor: Herlina Kartika

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Platform e-commerce sepeda motor Moladin mengumumkan pendanaan Pra-seri A yang dipimpin oleh East Ventures dengan jumlah yang tidak disebutkan. Selain itu, CyberAgent Capital, sebagai investor baru bersama beberapa angel investor lainnya, turut berpartisipasi dalam putaran pendanaan kali ini.

Moladin berencana menggunakan dana baru ini untuk meningkatkan produk yang sudah ada, membangun fitur baru seperti kategori penjualan mobil baru dan layanan pembiayaan sepeda motor, serta ekspansi ke kota-kota baru.

“Sejak pertama berdiri, Moladin tidak pernah berhenti dalam memperbaharui produknya dan berinovasi dalam menghadirkan solusi bagi kebutuhan setiap bikers di Indonesia. Hal ini tentunya sejalan dengan visi Moladin untuk menjadi one-stop solution platform dan bagian yang tidak terpisahkan dari gaya hidup bikers Indonesia,” ujar Mario Tanamas, Chief Operating Officer (COO) Moladin dalam keterangan tertulis, Kamis (16/1).

Baca Juga: Start Up penjualan motor online, Moladin targetkan jual 15.000 motor tahun 2019

Berdiri sejak 2017, Moladin menawarkan solusi dalam membeli sepeda motor baru. Platform ini memungkinkan pelanggan untuk bertransaksi dan menyelesaikan pembelian motor mereka dalam satu platform, mendapatkan informasi tentang sepeda motor, menyediakan direktori online bagi pengendara sepeda motor untuk menemukan bengkel servis terdekat, dan komunitas untuk bertukar ulasan mengenai suku cadang.

Pada Mei 2019, perusahaan mulai membuka platformnya untuk sepeda motor bekas. Dalam tujuh bulan, ada lebih dari 8.000 listing sepeda motor di fitur tersebut dan sepertiganya telah terjual.
Perusahaan juga mulai memfasilitasi pinjaman tunai dengan jaminan BPKB pada Desember 2019, dan telah menyalurkan sekitar US$ 60.000 lewat fitur tersebut.

Dengan berbagai solusi yang ditawarkan, GMV (Gross Merchandise Value) Moladin naik dua kali lipat dalam setahun terakhir.

Angka penjualan sepeda motor di Indonesia mencapai 6,5 juta unit pada 2019, naik sekitar 2% dari tahun 2018. Rencananya pemerintah ingin meningkatkan produksi sepeda motor hingga 10 juta unit per tahun hingga tahun 2025.

“Kami percaya dengan visi Jovin dan Mario bahwa Moladin dapat menjadi pemimpin industri sepeda motor. Selama 2 tahun perjalanan, mereka dan tim telah menunjukkan kemajuan signifikan dalam mewujudkan visi ini,” tutur Melisa Irene, Partner East Ventures.

Baca Juga: Hingga akhir tahun, East Ventures masih mencari 10 start up baru untuk didanai

Nobuaki Kitagawa, Managing Director dari Cyber Agent Capital bilang dengan jutaan sepeda motor yang terjual setiap tahunnya, namun, industri tersebut masih dikelola secara sangat tradisional. Calon pembeli harus mengunjungi diler yang berbeda hanya untuk mendapatkan jenis sepeda motor spesifik yang mereka inginkan.

 




TERBARU

Close [X]
×