kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45982,12   -8,25   -0.83%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

EdenFarm Gandeng ALAMI Dukung Mitra Petani Melalui Pembiayaan Berkelanjutan


Rabu, 21 Desember 2022 / 22:51 WIB
EdenFarm Gandeng ALAMI Dukung Mitra Petani Melalui Pembiayaan Berkelanjutan
Penandatanganan nota kesepahaman (Memorandum of Understanding) antara EdenFarm dan ALAMI sebagai bentuk awal kerjasama kedua startup dalam meningkatkan produktivitas petani, Rabu (21/12) di Head Office EdenFarm Jakarta.


Reporter: Noverius Laoli | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA.  Startup rantai pasok pangan B2B, EdenFarm, melihat perlunya ada kolaborasi dengan berbagai pihak untuk dapat menciptakan Ekosistem pertanian Hortikultura yang berkelanjutan.

Pandangan ini disambut baik oleh ALAMI, platform pendanaan peer-to-peer (P2P) yang memiliki visi mewujudkan masyarakat yang lebih sejahtera secara merata dengan penggunaan teknologi yang berdasarkan prinsip syariah.

Rabu (21/12), David Setyadi Gunawan, Founder & CEO EdenFarm dan Bembi Triawan Juniar, Co-Founder & Managing Director ALAMI, menandatangani nota kesepahaman sebagai awal dari kolaborasi kedua perusahaan startup tersebut dalam mendukung kemajuan petani Indonesia. 

Baca Juga: Perluas Akses Pasar, Petani Milenial Jatim Gandeng Pasar Komoditi Nasional

David mengatakan EdenFarm selalu menyambut baik kerjasama yang memiliki nilai lebih bagi mitra tani mereka. Ia juga berharap dengan skema pendanaan syariah yang ditawarkan oleh ALAMI peer-to-peer lending dapat memberikan kemudahan bagi mitra tani mereka dalam menjalankan operasional sehari-hari.

"Sehingga tercipta produktivitas panen yang optimal dan dapat memenuhi permintaan pelanggan EdenFarm,” ujar David dalam keterangannya, Rabu (21/12).

Dengan kesepahaman ini ALAMI peer-to-peer lending akan menyediakan akses pembiayaan bagi mitra petani EdenFarm untuk kebutuhan modal kerja pembelian sarana produksi pertanian, dengan nilai pembiayaan dan tenor yang disesuaikan berdasarkan komoditas pertanian yang dibudidayakan.

Co-Founder & Managing Director ALAMI, Bembi Triawan Juniar mengatakan sebagai ekosistem teknologi keuangan yang mengedepankan prinsip syariah dan menerapkan praktik keberlanjutan, kami memandang EdenFarm memiliki visi yang sejalan dengan ALAMI, terutama dalam menciptakan dampak positif bagi masyarakat melalui upaya peningkatan kualitas UMKM lokal yang berada dalam ekosistem EdenFarm.

Baca Juga: Antarkan UMKM Naik Kelas, BRI Perkuat Ekosistem Bisnis Berbasis Ekonomi Kerakyatan

Melalui sinergi ini, kami mendukung industri untuk bertumbuh dengan mengadopsi keunggulan teknologi masa kini. Kami berharap, kolaborasi ini dapat berkontribusi bagi pertumbuhan ekonomi nasional ke depan,” ujar Bembi. 

ALAMI tercatat telah menyalurkan pembiayaan lebih dari Rp 4 triliun kepada lebih 10.000 proyek dengan dukungan 111.000 pendana, untuk memudahkan UMKM memperoleh akses keuangan syariah yang transparan, adil, dan beretika.

EdenFarm meyakini bahwa petani merupakan salah satu fondasi utama dalam rantai pasok pangan, oleh sebab itu sebagai upaya nyata dalam meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan hidup para petani, EdenFarm mengembangkan Eden Farming Project untuk mengoptimalkan produktivitas mitra tani sehingga pendapatan mitra tani pun dapat turut bertumbuh. 

Pendanaan pertanian bagi mitra tani merupakan fondasi utama keberhasilan program ini. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×