kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |

Ekonomi kreatif bakal tumbuh di tahun 2019 nanti


Rabu, 12 Desember 2018 / 23:00 WIB

Ekonomi kreatif bakal tumbuh di tahun 2019 nanti
ILUSTRASI. Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Triawan Munaf


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) berencana merevisi target produk domestik bruto (PDB) ekonomi kreatif pada tahun 2019 nanti. Hal ini berkaca pada hasil yang dicapai pada tahun 2018 ini.  

Menurut Triawan Munaf, Kepala Bekraf, target pertumbuhan PDB ekonomi kreatif tahun ini yang dipatok 6,75% sudah terlampaui. Ini setelah melihat jumlah tenaga kerja di sektor ekonomi kreatif yang sebesar 16 juta sudah terlewati.


Bahkan, menurut Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah tenaga kerja ekonomi kreatif sudah mencapai 18,1 juta tenaga kerja. "Lantas sumbangan ekonomi kreatif terhadap PDB mencapai Rp 1.105 triliun, mudah-mudahan bisa terlampaui di 2018 bahkan tahun depan," katanya di sela-sela peluncuran buku Indonesian Coffe Craft and Culture, Rabu (12/12).

Sayang, Triawan untuk sementara belum mau memberi informasi proyeksi kontribusi bidang ekonomi kreatif terhadap PDB di tahun 2019 nanti. Yang jelas, proyeksi tersebut tidak terlepas dari adanya dua bidang ekonomi kreatif yang tengah naik daun, yakni film dan gim. Disamping tentunya bidang lainnya yang jadi maskot ekonomi kreatif yakni fesyen, kuliner dan kriya.
 


Reporter: Sugeng Adji Soenarso
Editor: Markus Sumartomjon



Close [X]
×