kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ekspansi Mangkok Ku tak hanya andalkan daya tarik anak Presiden


Sabtu, 16 November 2019 / 09:00 WIB
Ekspansi Mangkok Ku tak hanya andalkan daya tarik anak Presiden


Reporter: Venny Suryanto | Editor: Markus Sumartomjon

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Daya tarik anak presiden nyatanya belum  lekang. Sekalipun, anak Presiden Joko Widodo, baik Gibran Rakabuming Raka, dan Kaesang Pangarep acap menepis kaitan anak Presiden dengan kata "biasa' saja.  

Daya tarik ini nampak dari bisnis makanan dan kuliner khas Indonesia milik duo anak Presiden Jokowi ini: Mangkok Ku. Baru saja berjalan empat bulan, kini oulet Mangkok Ku sudah dua gerai di Mall Kota Kasablanka dan di Tanjung Duren, Jakarta.

Bukan hanya Gibran dan Kaesang, Mangkok Ku juga dibesut Randy Julius dan Chef Arnold Poernomo. Saat ditemui KONTAN, Randy Julius, Co-Owner Mangkok ku mengatakan saat ini tengah menambah dan membangun dua gerainya yang berlokasi di Sunter dan Mall Living World, Tangerang. Perkiraannya, kedua gerai ini akan segera beroperasi paling lambat pada Januari 2020.

Baca Juga: Maju Pemilihan Wali Kota Solo, Gibran serahkan bisnis kuliner ke Kaesang

Bahkan, untuk target selanjutnya, Mangkok Ku juga akan segera memperluas sayapnya lagi ke beberapa kota lain,  seperti di Bintaro, Karawaci dan Tangerang pada tahun  depan

Randy bilang,  untuk bisnis kuliner yang mereka jalani tidak membuka kesempatan kemitraan atau waralaba. “Kita tidak rencana untuk buka kemitraan, jadi kita self manage dan milik pribadi aja,” ujar Randy kepada KONTAN.

Meski tak menawarkan peluang kemitraan, mereka tetap optimistis mampu bertumbuh pesat setiap tahunnya. Bahkan,  Randy cs juga menargetkan bisa membuka sekitar 20-30 outlet lagi hingga akhir tahun 2020. “Kita optimis sih bisa sebanyak-banyaknya, 20-30 store mungkin,” ujarnya.

Menurut Randy, tak semata karena dimiliki anak presiden, Mangkok Ku juga memiliki chef yang sangat berperan menghadirkan menu-menu khas Indonesia yang enak, yakni  Chef Arnold.

Baca Juga: GoFood luncurkan fitur yang menawarkan menu makanan mulai dari Rp 16.000

Bahkan, kata dia, seluruh menu-menu yang dihadirkan memang diracik dan dirancang sendiri oleh Chef Arnold. Ada sekitar enam racikan masakan andalan yakni Brisket Onion Sauce with Onsen Egg, Brisket With Sambal Korek Bawang, Crispy Chicken, Fried Chicken with Sambal Korek Bawang, Ox Tounge Dabu, endog with Burger Slice and mayo. Adapun tiga menu lainnya adalah Brisket with Sambel Korek Bawang Bone Marrow, Garlic Prawn, Endog with Curry Sauce.

Rata-rata menu ini menggunakan bahan dasar seperti telur, daging sapi, daun bawang, nasi jepang atau jappanese rice, serta aneka sambal khas Indonesia.
Dengan berbagai menu andalan ini pula diyakini bisa menarik peminat. Apalagi, harganya juga tak menguras kantong, mulai Rp 19.000 sampai termahal Rp 54.000

Agar penjualan nendang, Mangkok Ku menggunakan layanan pesan antar untum meningkatkan penjualan atau sales.  Randy bilang, 50% transaksi Mangkok ku datang dari pemesanan lewat online “Kami masuk layanan GoFood untuk meningkatkan sales dan menaikkan omzet," ujarnya jelasnya.  

Randy Cs juga berharap bisa membuka gerai baru lainnya di luar Pulau Jawa. Hanya saja, harapan ini kini dalam proses pembicaraan, mereka juga perlu memperhatikan keterbatasan human resource.  Alhasil, rencana ekspansi tengah dipikirkan matang-matang agar tak salah langkah kemudian.     

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×