kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45929,72   2,08   0.22%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Gandeng 59 perguruan tinggi, Kemkop UKM luncurkan gerakan mahasiswa pengusaha


Selasa, 06 Maret 2018 / 16:45 WIB
Gandeng 59 perguruan tinggi, Kemkop UKM luncurkan gerakan mahasiswa pengusaha
ILUSTRASI. Menkop UKM Puspayoga saat Gerakan Mahasiswa Pengusaha


Reporter: Annisa Heriyanti | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) meluncurkan Gerakan Mahasiswa Pengusaha bersama 59 perguruan tinggi dari sembilan provinsi. Gerakan ini bertujuan menumbuh dan mengembangkan kewirausahaan di kalangan mahasiswa.

Pada peluncuran ini,  Menteri Koperasi dan UKM Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga dan para rektor dari 59 perguruan tinggi serta kelompok Media Bali Post menandatangani kesepahaman bersama, Selasa (6/3) di Denpasar, Bali.  

Puspayoga menegaskan dukungan perguruan tinggi sangat dibutuhkan untuk menumbuhkan minat kewirausahaan di kalangan mahasiswa.  Tumbuhnya wirausaha baru dari kalangan mahasiswa akan meningkatkan rasio kewirausahaan nasional.

Menurutnya gerakan kewirausahaan  yang terus digalakkan melalui berbagai cara termasuk lewat kampus telah meningkatkan rasio kewirausahaan nasional dari 1,6% tahun 2014 menjadi 3,1% tahun 2016.

"Gerakan kewirausahaan sejalan dengan program Presiden Jokowi  bahwa pertumbuhan ekonomi harus diikuti dengan pemerataan kesejahteraan," kata Puspayoga seperti dikutip dalam keterangan resminya Selasa (6/3).

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Universitas Negeri Surabaya (Unesa) Ketut Prasetyo menambahkan gerakan kewirausahaan merupakan program yang juga sudah berjalan di Unesa.  

"Kewirausahaan jadi mata kuliah wajib di Unesa. Karena itu, Gerakan Mahasiswa Pengusaha yang digagas oleh Kemenkop dan UKM sangat bagus untuk mendukung peringkatan jumlah kewirausahaan," kata Ketut.

Gerakan Mahasiswa Pengusaha diikuti 1.400 orang mahasiswa dari 59 perguruan tinggi dari sembilan provinsi, yaitu Aceh, Sumatra Utara, Sumatra Selatan, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Sulawesi Selatan dan Bali.

Perguruan Tinggi yang ikut antara lain,  Universitas Sanggabuana,  Universitas Negeri Surabaya, Universitas Padjajaran,  Universitas Negeri Yogyakarta,  Universitas Katolik Soegijapranata,  Universitas Islam Sumatera Utara, Ikopin,  Universitas Islam Madura, Poltek LP3I Bandung, Politeknik Negeri Bandung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
EVolution Seminar Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet

[X]
×