kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45904,76   7,16   0.80%
  • EMAS1.378.000 0,95%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Gurihnya tawaran bisnis olahan burung puyuh


Kamis, 06 Agustus 2015 / 13:31 WIB
Gurihnya tawaran bisnis olahan burung puyuh


Reporter: Rani Nossar | Editor: Tri Adi

Sofyan Arief Muhammad menawarkan kemitraan usaha gerai makanan olahan burung puyuh bernama Pondok Puyuh. Paket investasinya senilai Rp 9,9 juta. Mitra mendapat lisensi merek hingga panduan memasak.

Telur puyuh sudah cukup populer di tengah masyarakat sebagai salah satu menu hidangan selayaknya telur ayam atau telur bebek. Di tangan Sofyan Arief Muhammad, telur puyuh dia jadikan komoditas utama untuk bisnis kulinernya bernama Pondok Puyuh. Usahanya ini berdiri pada tahun 2013 silam. Saat ini sudah ada dua gerai yang berdiri di Bandung, Jawa Barat.  

Dia menjual aneka menu makanan olahan burung puyuh seperti daging burung puyuh goreng, puyuh crispy, bubur puyuh, pangsit puyuh, siomay telur puyuh, ekado telur puyuh, hingga nugget daging puyuh. Agar gerainya cepat berkembang, Sofyan mulai menawarkan kemitraan usaha sejak Juni 2015. Konsep usahanya berbentuk warung tenda.

Jika Anda berminat dengan konsep usaha yang ditawarkan Sofyan, siapkan dana senilai Rp 9,9 juta. Calon mitra akan mendapat fasilitas penggunaan merek Pondok Puyuh selama lima tahun, warung tenda, bahan baku daging dan telur puyuh, peralatan masak, dan juga panduan memasak semua menu. Setelah kerjasama lima tahun selesai, nilai perpanjangan kerjasama akan dinegosiasikan setelahnya.

Harga jual menu mulai dari Rp 8.000 hingga Rp 21.000 per porsi. Berkaca dari penjualan di gerainya, dia bisa menjual 50 porsi hingga 80 porsi menu per hari. Darisitu omzet rata-rata sekitar Rp 800.000 atau bisa mencapai Rp 20 juta per bulan.

Setelah dikurangi biaya bahan baku, sewa tempat, gaji pegawai dan biaya operasional lainnya, rata-rata laba bersih yang bisa diraih sekitar 30%. Sehingga estimasi balik modal kurang dari enam bulan.

Dalam kemitraan ini, Sofyan tidak memungut biaya royalti setiap bulan. Namun bahan baku utama harus diambil dari pusat seperti daging dan telur puyuh serta bumbu. Sofyan bilang, telur puyuh dipasok dari peternakan burung puyuh di Sukabumi, Jawa Barat.

Lahan usaha minimal 2 meter (m) x 2 m dengan satu orang karyawan. Dia mengklaim kelebihan tawaran usahanya ini selain nilai investasinya yang murah, bahan bakunya juga terjamin karena berasal dari peternakan yang berkualitas baik.

Dalam waktu akan ada pembukaan gerai baru milik mitra di Garut dan beberapa lokasi di Bandung. Hingga akhir tahun 2015 ini, Sofyan menargetkan akan membuka lima gerai hingga 10 gerai anyar.           

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Pre-IPO : Explained Supply Chain Management on Efficient Transportation Modeling (SCMETM)

[X]
×