kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Hasil ganda dari gerai barbershop dan kedai kopi


Sabtu, 08 September 2018 / 07:15 WIB
Hasil ganda dari gerai barbershop dan kedai kopi


Reporter: Elisabeth Adventa | Editor: Johana K.

KONTAN.CO.ID - Sejak menjamurnya kedai kopi, animo masyarakat Indonesia terhadap kopi nusantara meningkat. Tak heran jika bisnis kedai kopi terus menjamur. Di sisi lain, bisnis pangkas rambut atau barbershop juga terus berkembang karena tingginya minat kaum lelaki untuk merawat dirinya.

Beberapa pelaku usaha melirik kolaborasi bisnis barbershop dan kedai kopi ini. Gabungan dua bisnis yang sedang naik daun ini dinilai potensial mendatangkan banyak pengunjung.

Salah satu pelaku usaha yang menggarap peluang tersebut adalah Galang Mikana Murti asal Magelang, Jawa Tengah. Ia mendirikan Voltaire Barbershop and Coffee pada tahun 2016 lalu dan baru dua bulan menawarkan kemitraan.

Saat ini sudah ada dua gerai Voltaire Barbershop and Coffee yang beroperasi di sekitar Magelang. Galang mengatakan sistem kemitraannya berbeda. "Mitra tidak membangun gerai dari awal, tapi tinggal meneruskan bisnis yang sudah beroperasi. Jadi jelas hitung-hitungan omzetnya, pelanggan juga sudah ada," jelas Galang.

Paket kemitraan yang ditawarkan yakni sebesar Rp 175 juta. Fasilitas yang diperoleh mitra adalah kerjasama brand selamanya, peralatan usaha lengkap, setting dan renovasi tempat usaha, sistem yang sudah berjalan, karyawan (capster dan barista), promosi dan bahan baku kedai kopi.

Voltaire Barbershop and Coffee menawarkan jasa pangkas rambut dengan tarif  Rp 20.000. Ada pula paket potong rambut sambil menyeruput kopi pilihan. Harganya mulai Rp 25.000 sampai Rp 40.000.

Jika ada pelanggan yang hanya ingin menikmati kopi, Voltaire Barbershop and Coffee menyediakan aneka pilihan kopi nusantara. Harganya mulai Rp 20.000 sampai Rp 25.000 per gelas.

Rata-rata omzet satu gerai Voltaire Barbershop and Coffee sekitar Rp 25 juta-Rp 40 juta per bulan. Mitra wajib membeli bahan baku dari pusat dan membayar biaya royalti sebesar 10%.

Dengan perhitungan tersebut, mitra diperkirakan balik modal 20-28 bulan.  "Kami juga menggunakan sistem bagi hasil dengan karyawan, khusus untuk capster, demi mencegah karyawan keluar-masuk," kata Galang.

Namun, mitra bisa mendiskusikan kembali dengan pihak pusat apakah ingin menggunakan sistem ini atau tidak. "Bagi hasilnya dari tarif jasa potong rambut, 70% untuk kami dan 30% untuk karyawan," jelas Galang.  

Pengamat waralaba, Djoko Kurniawan berpendapat sistem kemitraan yang ditawarkan Voltaire Barbershop and Coffee cukup unik dan menarik. Dengan sistem tersebut risiko yang ditanggung oleh mitra tergolong kecil.

"Kemitraan jenis ini tentu akan diminati selama outlet lain yang sudah buka dalam waktu lama juga masih tetap diminati dan punya konsumen tetap," jelasnya. 

Voltaire Barbershop & Coffee
Jl Sultan Agung No 28
Magelang, Jawa Tengah
Telp:  085643092625

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×