kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45881,69   -4,49   -0.51%
  • EMAS1.329.000 -0,67%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Icip-icip peluang gerai minuman cokelat


Kamis, 08 Januari 2015 / 15:13 WIB
Icip-icip peluang gerai minuman cokelat


Reporter: Izzatul Mazidah | Editor: Rizki Caturini

Peluang bisnis makanan dan minuman masih terbuka lebar. Tren gaya hidup masyarakat modern maupun anak-anak muda yang suka menyeruput minuman di kedai sambil kongko menciptakan ceruk bisnis makanan dan minuman yang potensial

Salah satu pengusaha yang melirik peluang ini adalah Teguh Pramudya. Lewat brand Nyoklat Klasik, Teguh menjajakan aneka minuman cokelat sejak 8 November 2014. Baru ada dua gerai yang berlokasi di Tulungagung, Jawa Timur.

Agar usahanya terus berkembang, Teguh langsung menawarkan kemitraan usaha. Meski masih anyar, mitra usaha sudah ada tiga yang tersebar di Trenggalek, Tulungagung, dan Jombang.

Ada tiga jenis paket yang ditawarkan, yaitu paket silver, gold, dan platinum. Untuk paket silver, investasinya sebesar Rp 10 juta. Fasilitas yang didapatkan yakni booth standar, peralatan usaha, bahan baku awal, perlengkapan promosi, seragam, dan perlengkapan lainnya.

Adapun paket gold senilai Rp 50 juta. Fasilitas yang didapat adalah hak lisensi di tiga kabupaten untuk menjaring mitra dengan paket silver. Selain itu mitra juga mendapat dua booth, bahan baku awal, perlengkapan promosi,  seragam, dan perlengkapan lainnya.

Sementara biaya paket platinum sebesar Rp 250 juta. Mitra mendapat hak membawahi para mitra di satu provinsi. Pada paket ini mitra berhak menjual paket silver dan gold di jaringan lokasi tersebut. Selain itu mitra akan mendapat lima booth, bahan baku awal, peralatan promosi, seragam, dan peralatan lainnya.

Tidak ada biaya royalti

Sistem kerjasama ini bersifat selamanya. Mitra wajib membeli bahan baku utama seperti bubuk racikan. Tidak ada biaya royalti, namun, pusat hanya mengenakan biaya administrasi sebesar Rp 1 juta per tahun. Khusus untuk paket gold dan platinum, mitra harus berbagi keuntungan 10%−20% dari nilai investasi mitra yang di jaring di tiap wilayah.

Menu minuman cokelat yang dijual seperti rasa choco original, choco oreo, choco milk, choco nut, choco gingger, choco coffee dan lainnya. Harga jual berkisar Rp 5.000−Rp 6.000 per cup.

Mitra yang mengambil paket silver misalnya, ditargetkan bisa meraup omzet antara Rp 500.000 hingga Rp 1 juta per hari. Laba bersih yang didapat bisa mencapai 40%. Target omzet untuk paket lainnya bisa lebih besar lagi.

Lokasi usaha yang disarankan yakni di kios atau ruko yang letaknya strategis. Dendy mengklaim, keunggulan produknya terletak dari bahan baku cokelat berkualitas premium, namun dengan harga jual tetap terjangkau.

Erwin Halim, pengamat bisnis dari Proverb Consulting bilang,  kemitraan yang masih sangat baru harus dicermati dulu perkembangan usahanya. "Supaya calon mitra bisa menimbang berbagai estimasi dan target yang ditawarkan oleh pusat," tuturnya. Selain itu, harga jual yang cukup terjangkau bisa menjadi daya tarik. Namun baiknya cari keunikan produk agar berbeda dibanding kompetitor lain.         n

Nyoklat Klasik    
Jl Perum Purimas Blok Q 17, Tulungagung, Jawa Timur
HP:  0853-8592-9999

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×