kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ide-ide Bisnis Kekinian yang Tidak Perlu Modal Banyak, Mahasiswa Bisa Coba


Sabtu, 22 Januari 2022 / 07:25 WIB
Ide-ide Bisnis Kekinian yang Tidak Perlu Modal Banyak, Mahasiswa Bisa Coba
ILUSTRASI. Ide-ide Bisnis Kekinian yang Tidak Perlu Modal Banyak, Mahasiswa Bisa Coba./pho KONTAN/Carolus Agus Waluyo/02/06/2021.


Penulis: Tiyas Septiana

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Banyak orang terutama mahasiswa yang ingin memulai bisnis namun terkendala modal usaha yang tidak banyak. 

Akhirnya cita-cita untuk menjadi entrepreneur tidak bisa terwujud karena kendala dana tersebut. Padahal masih banyak bisnis yang bisa Anda lakukan meskipun dana untuk modal tidak terlalu banyak. 

Anda bisa memanfaatkan keterampilan dalam mengolah media sosial hingga materi perkuliahan untuk mendapatkan tambahan uang.

Berikut ini 5 ide bisnis kekinian yang pas buat mahasiswa dengan modal yang minimalis, dirangkum dari situs Bina Nusantara University (Binus University).

Baca Juga: Mengenal Ekosistem, dari Pengertian, Komponen, hingga Jenis-Jenisnya

Sosial media management

Hampir semua masyarakat saat ini memiliki setidaknya satu akun sosial media. Tidak heran jika berbagai aplikasi sosial media bisa menjadi ladang uang yang cukup menggiurkan namun tidak membutuhkan modal yang besar. 

Banyak perusahaan hingga pebisnis perseorangan yang memanfaatkan media sosial sebagai media pengiklanan. Karenanya kehadiran seorang ahli yang mampu mengelola sosial media sangat penting. 

Anda bisa memanfaatkan kebutuhan mereka tersebut dengan menawarkan jasa sebagai sosial media manager. 

Tugas seorang sosial media manager adalah membangun brand awareness, membuat hingga membagikan konten perusahaan, dan berinteraksi dengan masyarakat melalui media sosial. 

Salah satu keuntungan jika menjalani ide bisnis ini adalah Anda tidak perlu mengeluarkan modal yang besar dan bisa dilakukan dimana saja.

Fotografi

Sekarang banyak merek handphone atau HP yang menyediakan fitur kamera yang unggul bahkan hasilnya mirip dengan hasil jepretan kamera profesional. 

Anda bisa memanfaatkan fitur kamera HP dan menjualnya di microstock seperti Pixabay, ShutterStock, dan sebagainya. Setiap kali foto Anda yang terdapat di platform tersebut diunduh, Anda akan mendapatkan komisi. 

Anda juga misa menawarkan jasa fotografi kepada pelaku usaha seperti restoran atau toko pernak-pernik. Hasil foto produk yang Anda ambil nantinya akan digunakan untuk unggahan di sosial media mereka. 

Baca Juga: Pendaftaran Taruna Akmil TNI AD 2022 Dibuka, Simak Persyaratannya Ini

Video production

Selain dunia fotografi, ide bisnis dengan modal yang sedikit selanjutnya berkaitan dengan pembuatan video.

Bidang video production saat ini mulai banyak diminati. Video editor atau video maker banyak dicari untuk membuat konten video di TikTok, Instagram, hingga YouTube. 

Jika kebetulan Anda tidak memiliki peralatan untuk merekam video, Anda bisa menawarkan jasa video editing kepada perusahaan atau instansi lain.

Guru privat

Selama pandemi Covid-19, pembelajaran lebih banyak dilakukan secara online atau daring. Sayangnya tidak semua guru dan orangtua bisa memanfaatkan media online dengan baik sehingga siswa sering tidak paham dengan materi yang dipelajari. 

Anda bisa memanfaatkan keadaan tersebut dengan menawarkan jasa les privat. Untuk metode pembelajarannya, Anda bisa melakukannya secara langsung atau online. 

Ajak teman untuk ikut bergabung sebagai guru privat dan Anda bisa bertindak sebagai penghubung antara teman dan orangtua murid. 

Baca Juga: 5 Macam Alat Musik Tradisional Khas Jawa Barat, Bukan Cuma Angklung Saja

Bisnis kuliner

Ide bisnis dengan modal yang sedikit selanjutnya adalah bidang kuliner. Anda tidak perlu membuka sebuah rumah makan jika ingin memulai bisnis ini. 

Pasalnya membuka rumah makan membutuhkan modal yang cukup besar. Anda bisa memulai bisnis kuliner yang khusus untuk melayani take away dan delivery. 

Anda bisa menggunakan sistem pre-order yang dikirim satu atau dua kali dalam seminggu atau membuka pesanan setiap hari. 

Manfaatkan layanan food shopping seperti Go Food, Grab Food, hingga Shopee Food untuk mengirimkan makanan kepada pelanggan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×