kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.455.000   12.000   0,83%
  • USD/IDR 15.155   87,00   0,57%
  • IDX 7.743   -162,39   -2,05%
  • KOMPAS100 1.193   -15,01   -1,24%
  • LQ45 973   -6,48   -0,66%
  • ISSI 227   -2,76   -1,20%
  • IDX30 497   -3,22   -0,64%
  • IDXHIDIV20 600   -2,04   -0,34%
  • IDX80 136   -0,80   -0,58%
  • IDXV30 141   0,18   0,13%
  • IDXQ30 166   -0,60   -0,36%

Induk sapi bali tidak boleh keluar dari Pulau Dewata (2)


Selasa, 19 Juli 2011 / 15:41 WIB
Induk sapi bali tidak boleh keluar dari Pulau Dewata (2)
ILUSTRASI. Logam mulia emas di gerai Pegadaian Galeri24, Jakarta, Senin (28/9/2020). (KONTAN/Fransiskus Simbolon)


Reporter: Bambang Rakhmanto | Editor: Tri Adi

Ketimbang sapi limosin dari Australia atau sapi brahman dari India, sapi bali lebih mudah diternakkan. Sayang, peternak di luar Pulau Bali kesulitan mendapat induk sapi bali berkualitas lantaran ada larangan mengirim induk sapi bali oleh Pemda Bali.

Beternak sapi bali memiliki keunggulan, ketimbang jenis sapi lain seperti sapi brahman (India) atau limosin (Australia). Sapi bali lebih akrab dengan iklim tropis di negeri ini.

Dayan Antoni, Manajer PT Santosa Agrindo, salah satu perusahaan yang berbisnis daging sapi, mengatakan, penggemukan sapi bali di Indonesia tidak bergantung musim dan cocok di semua tempat. "Sapi bali bisa hidup di dataran tinggi, maupun dataran rendah. Bahkan di pinggir pantai sekalipun," kata Dayan.

Sapi bali juga unggul dalam produktivitas. Masa kehamilan sapi bali satu tahun. Adapun sapi impor harus menyesuaikan diri terlebih dulu sebelum berkembang biak. Masa kehamilan sapi brahman hingga beranak memakan waktu 1 tahun 2 bulan.

Sayangnya, dengan berbagai keunggulan itu, budi daya sapi bali sulit dilakukan di luar Bali. Hingga kini, "Pemerintah Daerah Bali masih melarang pengiriman induk sapi bali ke luar daerah," ujar I Gede Gunawan Tika, peternak sapi bali di Pulau Dewata.

Itu pula yang menyebabkan bisnis sapi Syaiful tersendat. Meski banyak permintaan, peternak dan pedagang sapi asal Banyuwangi, Jawa Timur ini tak bisa menyediakan induk sapi. "Jika ada pengiriman, itu sapi betina yang tak lagi produktif," ujarnya.

Pembatasan jumlah sapi yang boleh dikirim dari luar Bali juga menyebabkan Syaiful harus datang ke Bali untuk memperoleh pasokan. Meski paham dengan tujuan Pemda Bali yang ingin melestarikan sapi bali, Syaiful menyayangkan keputusan itu. Toh, banyak peternak sapi yang sejatinya bisa mengembangkan sapi bali di lain daerah bila memiliki induk berkualitas.

Memiliki struktur tulang kecil dan daging yang tebal, Dayan melihat kualitas sapi bali saat ini mulai menurun. Misalnya, bobot sapi semakin susut dan sulit mendapatkan bobot optimal saat digemukkan. Ia menduga, penurunan kualitas bakalan sapi bali ini merupakan imbas penurunan kualitas induk sapi bali.

Dia membandingkan, 15 tahun lalu masih bisa menjumpai sapi bali berbobot 500 kilogram (kg). "Sekarang susah ketemunya," ujarnya. Ia menduga penurunan kualitas lantaran sering terjadi perkawinan sapi dalam satu keluarga.

Dayan berharap, Pemda Bali memperhatikan kualitas induk sapi. Induk berkualitas wahid tentu akan menghasilkan bibit-bibit sapi unggulan. "Kalau perlu, harus ada pengembangan genetik bila dibutuhkan," ujarnya.

Jika kondisi ini dibiarkan, impor sapi akan merajalela. Sayang, bila pasar yang besar ini lantas disesaki oleh sapi dan daging impor.

Padahal, dengan budidaya yang baik, para peternak sapi yakin mampu menghasilkan sapi gemuk dengan kualitas yang sebanding dengan sapi impor.

Gede yang kini berusia 31 tahun ini bercerita, selain tahan terhadap cuaca, budidaya sapi bali juga gampang saja. Sapi bali membutuhkan makanan berupa rumput dan dedak dalam jumlah yang cukup. Untuk meningkatkan bobot sapi, peternak biasanya menambah asupan nutrisi dan juga vitamin.

(Selesai)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Distribution Planning (SCMDP) Supply Chain Management Principles (SCMP)

[X]
×