kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.326.000 0,53%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ingin berniaga, marketplace bisa jadi pilihan (1)


Kamis, 04 Februari 2016 / 19:39 WIB
Ingin berniaga, marketplace bisa jadi pilihan (1)


Reporter: Amal Ihsan Hadian, Merlinda Riska | Editor: S.S. Kurniawan

Belanja di internet? Jangan. Hati-hati banyak penipuan tuh. Begitulah dulu ungkapan yang sering terdengar kalau kita mengungkapkan niat berbelanja di internet.

Sekarang, aktivitas belanja online meningkat tajam. Semakin hari semakin banyak orang di Indonesia yang merasa lebih nyaman untuk belanja secara online. Mereka semakin menyadari kemudahan dan banyak waktu yang bisa dihemat dengan belanja secara online.

Selain karena koneksi internet di Indonesia yang semakin cepat dan akses internet yang kian mudah dan terjangkau, pertumbuhan omzet belanja online di Indonesia juga disumbang oleh online marketplace atau pasar online. Ini adalah situs yang mempertemukan banyak penjual dengan pembeli, layaknya pasar di dunia nyata.

Kehadiran marketplace seperti Lazada, Bukalapak, Blibli, atau Tokopedia menghadirkan pilihan transaksi online yang mudah dan aman.

Mereka tak hanya menyediakan tempat, fasilitas dan sistem infrastruktur agar penjual dan pembeli bisa melakukan transaksi, juga menjadi mediator yang memastikan keamanan transaksi yang dilakukan. Kekhawatiran masalah keamanan yang selama ini mengganjal transaksi di internet menjadi tidak relevan.

Buat Anda yang ingin menjajal berniaga di dunia maya, marketplace bisa menjadi pilihan yang menarik sebagai tempat memasarkan barang dagangan Anda. "Marketplace memperluas pangsa pasar, mempermudah calon konsumen untuk memperoleh produk," kata Yevida, pemilik usaha susu dan permen almond Mettamilk.

Beberapa marketplace yang populer adalah Tokopedia, Buka Lapak, Lazada, Blibli, Elevania. Marketplace di atas berbeda dengan situs iklan baris seperti OLX, yang dulu bernama Toko Bagus atau situs forum seperti Kaskus.

Marketplace yang umum juga berbeda dengan retailer e-commerce besar, seperti Mataharimall atau Zalora. Perbedaannya terletak di sistem kerjanya.

Tidak heran banyak orang lebih memilih berjualan di marketplace. Selain pasti disatroni pengunjung dan calon pembeli, produk kita juga diiklankan ke berbagai media.

"Kalau di HijUp kita diiklankan di majalah Laiqa," kata Ria Devina Astika, pemilik usaha kerajinan tangan RoleModel. Produk Ria juga dipakai oleh model untuk photoshoot majalan dan situs. "Ini bisa menambah koleksi foto produk kita". 

(Bersambung)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×