kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ingin punya butik desainer ternama?


Sabtu, 20 Oktober 2018 / 07:55 WIB
Ingin punya butik desainer ternama?


Reporter: Tri Sulistiowati | Editor: Johana K.

KONTAN.CO.ID - Dengan mayoritas penduduknya memeluk agama Islam, potensi pasar fesyen muslim cukup besar di Indonesia. Inilah peluang bagi pemain industri fesyen muslim yang ingin mengembangkan bisnisnya. 

Itang Yunasz salah satunya.  Ia membuka gerainya pada Maret 2018. Bulan lalu, ia membuka peluang kerjasama gerai fesyen muslim Allea Itang Yunasz.  

Meski baru, sudah ada enam mitra yang membuka gerainya di Palembang, Surabaya dan Jakarta. Menurut M Ferdian Novalindo, Brand Manager Allea Itang Yunasz, peminat kemitraan ini banyak datang dari pelanggan loyal. Gerai milik pusat sudah ada sembilan cabang di Jakarta, Makassar, Aceh dan kota besar lainnya.  

Allea Itang Yunasz menampilkan koleksi hasil rancangan Itang Yunasz. Ferdian bilang, dalam satu musim koleksi, ada 100-200 artikel yang didisain langsung oleh Itang. Desain mengusung konsep tabrak motif dan tanpa ada jahitan sambungan bahan. Harga jual berbagai produk fesyen muslim ini mulai  Rp 249.000 sampai Rp 799.000 per helai.  

Allea Itang Yunasz menawarkan kemitraan senilai Rp 450 juta. Mitra akan mendapat koleksi produk fesyen muslim dan penggunaan merek usaha selama lima tahun. Untuk renovasi dan perlengkapan gerai, mitra harus menyiapkan dana tambahan Rp 200 juta-Rp 300 juta sesuaikan luas tempat.

Adapun, luas minimal gerai sekitar 60 m² atau seunit ruko dua atau tiga lantai. Mitra juga harus menyiapkan tiga karyawan. Ada biaya manajemen yang dikutip pusat, sebesar 2,5% dari total penjualan per bulan. 

Perkiraan modal kembali sekitar dua tahun. Dengan catatan, target penjualan sebesar Rp 200 juta per bulan tercapai. Nilai laba bersih yang diterima mitra sekitar 7%-10%. "Tahun berikutnya akan ada pertumbuhan laba dan baru terlihat stabil pada tahun ketiga," jelasnya. 

Sepanjang tahun ini, perusahaan menargetkan dapat menjalin kemitraan dengan 10-15 orang. Selain itu juga membuka 10 titik gerai cabang milik mitra. 

Djoko Kurniawan, Konsultan Usaha mengatakan, untuk mencapai agar target penjualan, pemilik gerai wajib melakukan kegiatan marketing supaya orang tertarik untuk berkunjung. Ketika konsumen mulai datang maka yang harus diperhatikan adalah semua titik pelayanan.  Semua pelayanan harus profesional dan excellent.

Yang perlu diperhatikan agar usaha mitra terus berjalan adalah membantu mitra untuk menarik konsumen baru dan mempertahankan konsumen lama. Pastikan bahwa mitra menjalankan semua prosedur kerja dan standar operasional serta pelayanan yang sudah ditetapkan.  Bekali semua karyawan dengan product knowledge yang baik.             

Allea Itang Yunasz
Komplek Gading Bukit Indah Blok RA 11-19 Jakarta Utara
HP. 082112348845

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×