kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45928,35   -6,99   -0.75%
  • EMAS1.321.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini dia 3 bisnis sektor pertanian yang prospektif di 2020


Sabtu, 04 Januari 2020 / 09:31 WIB
Ini dia 3 bisnis sektor pertanian yang prospektif di 2020
ILUSTRASI. Pengunjung menikmati arena Pameran Flona 2017 di Lapangan Banteng, Jakarta, Minggu (24/7).


Reporter: SS. Kurniawan | Editor: S.S. Kurniawan

KONTAN.CO.ID - Pada 2020, mungkin saja beberapa orang akan berpikir untuk terjun dalam bisnis pertanian. Di belahan dunia manapun, agribisnis memang menjadi salah satu bisnis yang cukup menjanjikan. 

Mengutip The Spurce, Jumat (3/1), bisnis pertanian tak sebatas soal tanam menanam komoditas yang berprofit besar. Di luar itu, masih banyak potensi yang bisa Anda gali. 

Selain memang menjanjikan, ternyata modal bisnis pertanian tidak selamanya soal lahan dan modal besar. Untuk itu, berikut bisnis pertanian yang Anda bisa jalankan di 2020: 

Baca Juga: Kementan sebut produksi beras capai tiga juta ton per bulan di tahun depan

1. Membuka toko alat pertanian 

Siapa sangka Agribisnis tak selamanya soal menanam, namun menjual peralatannya pun bisa menjadi bisnis yang menjanjikan. Biasanya toko pertanian tersebut menjual pupuk, bibit pohon, cangkul, dan sebagainya. 

Sedangkan di kota, bisnis toko alat-alat pertanian juga cukup menjanjikan. Mengingat, di beberapa kota besar di Indonesia ada banyak orang yang hobi bertani di lahan sempit tentu membutuhkan alat juga.

2. Benih tanaman 

Bisnis jual benih tanaman juga salah bisnis yang bagus Anda jalankan. Anda bisa menjual bibit tanaman buah-buahan, sayur mayur, maupun benih tanaman hias. 

Untuk memulai bisnis bibit tanaman, Anda harus menguasai metode pembibitan. Pangsa pasar bisnis bibit tanaman pertanian meliputi petani, baik di perdesaan maupun perkotaan. 

Baca Juga: BPS: Nilai tukar petani meningkat pada Desember 2019

3. Tanaman hias 

Usaha berjualan tanaman hias sering kita jumpai di perkotaan. Karena estetikanya dalam menghiasai rumah perkotaan, keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari bisnis tanaman hias cukup besar. 

Bahkan, beberapa jenis tanaman hias, seperti adenium dan bonsai, pernah mengalami masa booming dan laris manis dengan harga jual yang sangat mahal.

Penulis: Wayan A. Mahardhika

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "3 Bisnis Sektor Pertanian yang Prospektif di 2020"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×