kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45887,73   13,33   1.52%
  • EMAS1.365.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Init-6 Sudah Gelontorkan Dana Investasi hingga US$ 20 Juta


Jumat, 28 Juni 2024 / 15:21 WIB
Init-6 Sudah Gelontorkan Dana Investasi hingga US$ 20 Juta
Achmad Zaky, Founding Partner Init-6.


Reporter: Muhamad Aghasy Putra | Editor: Putri Werdiningsih

KONTAN.CO.ID – JAKARTA. Init-6, Perusahaan Venture Capital besutan Achmad Zaky sudah berinvestasi di 35 perusahaan rintisan. Sektornya beragam mulai dari fintech, education technology, software, AI, konsumer, dan healthcare.

“Kita bukan investor besar banget gitu, tapi sejauh ini kita sudah investasi totalnya 20 juta USD,” beber Achmad saat ditanya Kontan di Jakarta pada Kamis, (27/6).

Berkat investasi yang dilakukan pada sektor konsumer, fintech, dan education teknologi, perseroan sudah mengantongi hasil maksimal. Ia menargetkan internal rate of return atau IRR untuk tiap perusahaan yang disuntik bisa mencapai kisaran 30%.

“Angka segitu kami sudah seneng banget kalau tercapai. Lebih jauh dari itu kita sudah tiga tahun dan 3 kali juga return-nya sekitar 60% on paper,” paparnya.

Baca Juga: Achmad Zaky siapkan dana US$ 50.000-US$ 20 juta untuk startup, ini syaratnya..

Menurutnya dengan ekspansi ke sektor-sektor baru akan menguatkan kembali investasi di bisnis konsumer. Saat ini, Init-6  tengah mengincar masuk ke  bisnis start-up healthcare yang akan menjadi target baru.

Untuk dana ekspansi di tahun 2024, Ahmad Zaky tak menargetkan angka tertentu. Namun ia mengungkapkan bahwa rentang  investasi untuk satu perusahaan Init-6 menggelontorkan diangka 200.000 – 2.000.000 USD.

“Jadi kita fleksibel aja untuk ekspansi bisnis di sektor sektor baru tanpa memilih sektor tertentu. Terkesan oportunistik dan kita harap tahun ini lebih banyak investasi tahun ini karena yang kita kejar quality suatu perusahaan,” paparnya,

Terkait rencana IPO, Ahmad Zekky menekankan pihaknya masih fokus untuk mempertebal portfolio dengan hasil-hasil yang positif terlebih dahulu. Mengingat perusahaan ini tergolong muda dan baru.

Selanjutnya: MPX Logistics International (MPXL) Raih Pembiayaan Rp 75 Miliar dari Bank Mandiri

Menarik Dibaca: Tips Rumah Bebas Semut ala Gravel

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Pre-IPO : Explained Supply Chain Management on Efficient Transportation Modeling (SCMETM)

[X]
×