kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Intip sentra pengolahan susu etawa di Sleman (3)


Sabtu, 01 September 2018 / 06:50 WIB
Intip sentra pengolahan susu etawa di Sleman (3)


Reporter: Elisabeth Adventa | Editor: Johana K.

KONTAN.CO.ID - Meski skala bisnisnya masih rumahan, distribusi produk Etawa Agro Prima sudah sampai ke luar Jawa. Poniman, pemilik Etawa Agro Prima mengatakan, pemasaran susu bubuk kambing etawa  sudah mencapai Sumatra, Kalimantan dan Bali.  

Poniman pun menebak, tingginya permintaan dari luar Jawa ini lantaran di sana belum ada sentra pengolahan susu kambing etawa. "Rata-rata sentra di sini banyak kirim ke luar Jawa," katanya.  

Saat awal merintis usaha, tak mudah bagi Poniman meyakinkan warga soal nilai jual susu etawa. Mengubah kebiasaan bisnis yang hanya jual-beli kambing butuh waktu lama. Dinas peternakan setempat juga terus berusaha mengedukasi para peternak soal peluang usaha dan mafaat susu kambing.

"Ya awalnya memang susah, banyak yang nggak percaya kalau susu kambing bakal laku dijual. Cari pasarnya juga lumayan susah waktu itu, tahun 1999 susu kambing belum tren seperti sekarang," tuturnya.

Poniman mengklaim, dirinyalah yang memulai sentra pengolahan susu etawa di Desa Kemirikebo. Setelah melihat keberhasilannya, sejumlah peternak lain pun ikut mendirikan sentra pengolahan susu. Kini, Desa Kemirikebo pun menjadi salah satu sentra pengolahan susu kambing terbesar di wilayah Yogya.

Poniman juga selalu mengajak ibu-ibu di sekitar rumahnya menjadi perajin olahan susu. Tujuannya, supaya bisa menambah penghasilan keluarga tiap bulan.

Sriyanti atau yang akrab disapa Yanti, salah satu perajin yang bekerja di Etawa Agro Prima pun mengatakan, dengan bekerja mengolah susu tiap hari, ia bisa menambah pendapatan.  Besarnya penghasilan tersebut tegantung susu kambing yang berhasil dia olah.

"Di sini kami digaji tiap bulan. Jadi hitungannya itu satu resep digaji Rp 12.000. Satu resep kira-kira sekitar 3-3,5 liter susu cair. Nanti tinggal dikalikan saja waktu akhir bulan," jelas Yanti. Ia bilang, penghasilannya lumayan untuk tambahan uang saku anak.

Tak hanya Yanti yang mendapat penghasilan tambahan, Tuminem, peternak dan perajin olahan susu juga bisa mendapat uang tambahan. Ia punya sembilan ekor kambing, sementara anak-anaknya punya hingga 30 ekor.

Sebelumnya, Tuminem hanya menunggu pembeli kambing ternaknya. Kini, perempuan 48 tahun ini punya pemasukan lain dengan menyetorkan 20 liter susu kambing ke Etawa Agro Prima. Dari setoran susu tersebut, ia bisa mengantongi sekitar Rp 300.000 setiap harinya.

"Penghasilannya sekarang jadi lebih terjamin, kalau dulu saya hanya nunggu ada  yang mau beli kambing saja. Kalau sekarang tiap hari, saya bisa pegang penghasilan. Kerja di sini juga Lumayan untuk kegiatan dan penghasilan tambahan selain beternak," ujarnya.       

(Selesai)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×