kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.014,65   8,27   0.82%
  • EMAS955.000 1,06%
  • RD.SAHAM -1.07%
  • RD.CAMPURAN -0.35%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.08%

Investor Kripto Meningkat, Exchanger Baru Banyak Bermunculan di Indonesia


Senin, 08 Agustus 2022 / 20:15 WIB
Investor Kripto Meningkat, Exchanger Baru Banyak Bermunculan di Indonesia
ILUSTRASI. Mata uang kripto.


Reporter: Tendi Mahadi | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Perkembangan kripto di Indonesia semakin pesat. Bappebti mencatat ada 12,4 juta orang menjadi investor kripto di Indonesia melampaui investor pasar modal yang hanya di angka 8,1 juta.

Meningkatnya para investor ini tentunya dibarengi dengan makin banyaknya exchanger kripto di tanah air. Dari data yang dihimpun dari situs Bappebti, sekiranya ada 25 perdagangan fisik aset kripto Indonesia yang telah memiliki izin.

Mereka adalah Pintu, Nanovest, Triv, Rekeningku, Luno, Zipmez, Tokocrypto, Indodax, PT. Kagum Teknologi Indonesia, Incrypto, PT Bumi Santosa Cemerlang, Koinku, Coinbit, Galad, Gudang Kripto, Digital Exchange, Kripto Maksima, PT Mitra Kripto Sukses, Pantheras, Bitocto, UpBit, Bittime, Vonix, PT Pedagang Aset Kripto dan PT Plutonext Digital Aset.

Walau banyaknya developer yang bermunculan,  Gudang Kripto Siap Jadi Rumah Terbaik Bagi Developer Lokal. Kementerian Perdagangan  mencatat,  nilai  transaksi  aset  kripto  di  Indonesia  tahun 2021 tembus Rp 859,4  triliun. Sedangkan 2 bulan pertama saja di tahun ini, sudah berhasil mencatat 10 persen dari angka sebelumnya.

Baca Juga: WIR GROUP Bersama Yayasan Nexticorn Hadirkan Konferensi Expo Web 3 Skala Dunia

Hingga bulan Maret saja, jumlah orang yang bermain Kripto hampir tembus 13 juta orang.  Belum lagi jumlah penerimaan negara yang mencapai Rp 48 miliar dari aktivitas aset kripto. Itu termasuk pajak penghasilan atau PPh maupun pajak pertambahan nilai atau PPN. Padahal pajak kripto ini baru diberlakukan 1 Mei 2022.

Exchanger Gudang Kripto yakin, banyak juga developer lokal yang punya proyek-proyek menjanjikan di dunia kripto. Bahkan Gudang Kripto percaya kalau token maupun koin-koin karya anak bangsa tidak akan kalah dengan global.

"Makanya kami berkomitmen, Gudang Kripto bukan hanya sebagai platform exchange aset kripto yang mempertemukan pembeli dan penjual aset kripto semata," ucap Franciscus Martatko Filman, Chief Operating Officer PT Gudang Kripto Indonesia dalam keterangannya, Senin (8/8).

"Gudang Kripto siap menjadi rumah terbaik bagi para developer-developer lokal," ujarnya.

Gudang Kripto menjelaskan, sebagai rumah terbaik bagi developer lokal, mereka akan siap mengajarkan banyak hal. Artinya, Gudang Kripto bukan cuma sebagai tempat jual beli semata.

"Kami punya tim yang komplit. Siap untuk memberi edukasi bagaimana cara membuat white paper yang baik, menyusun road map project hingga membantu memasarkannya hingga dikenal banyak orang," ucap dia.

Baca Juga: ESB Gandeng Asensi Tingkatkan Skala Usaha UMKM Kuliner Indonesia

Salah satu developer yang sudah menjalin kerja sama adalah Salaca. Ini adalah social verse pertama di Indonesia yang akan memberi layanan live streaming berbagai acara musik kelas dunia.

“Salah satu project yang sudah menjalin kerja sama adalah Salaca SocialVerse. Ini adalah NFT marketplace berbasis sosial media yang berjalan di jaringan web 3.0 pertama di Indonesia yang salah satu fitur nya memberikan layanan live streaming berbagai acara musik kelas dunia,” ujar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
Digital Marketing in New Normal Era The Science of Sales Management

[X]
×